Bupati Agas Lantik Agus Supratman Jadi Camat Lamba Leda Utara

Acara pelantikan Agus Supratman sebagai Camat Lamba Leda Utara (Photo : Floressmart).

Floressmart-Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas melantik Agustinus Supratman menjadi Camat Lamba Leda Utara.

Untuk tahu saja, sebelum menjadi Camat definitif, Agus Supratman selama ini ditugaskan Bupati Agas sebagai Pelaksana tugas (Plt) Camat Lamba Leda Utara.

Acara pelantikan berlangsung di Aula Paroki St. Petrus Paulus Dampek, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara, Jumat 6 Agustus 2021.

Pelantikan mantan wartawan itu juga diikuti dengan pelantikan istrinya Bernadeta Norce Endang menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Lamba Leda Utara oleh Ketua TP-PKK Manggarai Timur, Thresia Wisang Agas.

Seperti dipantau, acara pelantikan berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekda Manggarai Timur, Bonifasius Hasudungan, para pimpinan OPD, sejumlah anggota DPRD, Rohaniwan Katolik, unsur TNI-Polri, dan para undangan lainnya.

Jalannya pelantikan

Mengawali acara pelantikan yakni pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan sumpah jabatan, penyematan tanda pangkat jabatan oleh Bupati Agas serta doa peneguhan untuk pejabat administrasi Kecamatan Lamba Leda Utara.

Baca juga  Unik, Pejabat Eselon 2 Dilantik di Tepi Danau Rana Mese

Selanjutnya pembacaan surat keputusan Bupati Agas dan pelantikan Penjabat Kepala Desa Satar Punda, Penjabat Kepala Desa Nanga Mbaling dan Penjabat Kepala Desa Lada Mese.

Pesan Bupati

Bupati Agas dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan profisiat kepada Agustinus Supratman dan istri serta para Penjabat Kepala Desa yang telah dilantik.

Ia berharap para pejabat yang dilantik itu mampu menjalankan amanah yang mulia dengan penuh ketulusan agar dapat mencapai cita-cita dan tujuan bersama membangun Kabupaten Manggarai Timur yang SEBER.

Ia juga berharap agar para pejabat yang dilantik bisa mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab dengan mengedepankan prinsip efisiensi dan pelayanan prima yang murah dan terjangkau guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Baca juga  Ada Bagian di Perbatasan Matim yang Jadi milik Ngada, Bupati Agas : Media Jangan Bombastis

“Sebagai Bupati saya tentu berharap agar kerja-kerja kita mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan lebih peka dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang mungkin akan dihadapi setiap waktu selama bertugas, baik dari dalam maupun dari luar,”  kata Bupati Agas.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa untuk menumbuhkan jiwa semangat good governance dan menghindari terjadinya KKN, maka dibutuhkan sebuah transparansi yang dimulai dari dalam diri sendiri sehingga kerja nyata pemerintahan akan membuahkan hasil yang baik.

Ia juga berpesan untuk Ketua TP-PKK Kecamatan Lamba Leda Utara agar memulai program kerja dengan penataan organisasi dan penekanan pada aspek administrasi sesuai ketentuan PKK.

Sedangkan untuk para Penjabat Kepala Desa yang dilantik agar menjalankan aturan dan kewenangan sesuai Undang-Undang sehingga segala bentuk pengelolaan Dana Desa maupun kegiatan desa dapat dilaksanakan sesuai petunjuk teknis (Juknis).

Ia pun berharap Penjabat Kepala Desa agar sesering mungkin membangun komunikasi dan melakukan kordinasi dengan pihak Kecamatan apabila menemukan kendala dalam pelaksanaan tugas di desa.

Baca juga  Sekda dan Belasan Pejabat Matim Dilantik, Bupati Agas : Atas Izin Mendagri

“Desa harus berupaya untuk saling berkomunikasi supaya kerja-kerja pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Bupati Agas.

Dalam rangka penanganan COVID-19 di tingkat desa, Bupati Agas berpesan agar jajaran Pemerintah Desa mengaktifkan kembali posko penanggulangan dan gencar melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan.

Pada kesempatan yang sama Bupati Agas juga melantik Kasubag Kepegawaian Bagian Umum Setda Kabupaten Manggarai Timur, Petrus Jafar menjadi Sekretaris Camat Lamba Leda Utara.

Kepala Fungsional Kecamatan Lamba Leda Utara, Salestinus Hasman yang dilantik menjadi Penjabat Kepala Desa Satar Punda.

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Sambi Rampas, Andi Hamid yang dilantik menjadi Penjabat Kepala Desa Nanga Mbaling.

Sementara Kepala Fungsional Umum di Kelurahan Ulung Baras, Maria Goreti Nurhayati dilantik menjadi Penjabat Kepala Desa Lada Mese. (Berto Davids)

Tag: