Panglima TNI dan Kapolri Kunker ke Labuan Bajo Buka Konferensi Polwan Sedunia

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo. (ist)

Floressmart- Menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU), Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo Manggarai Barat, Jumat 5 November 2021 pukul 17.20 WITA.

Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan ke Nusa Tenggara Timur (NTT) ini untuk meninjau beberapa kegiatan di Labuan Bajo.

Panglima dan Kapolri disambut Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif, Kadivhubinter Polri Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, Danrem 161/ Wira Sakti NTT Brigjen TNI Legowo W.R Jatmiko, Kasdam IX Udayana Brigjen TNI Harfendi, Kabinda NTT Brigjen TNI Adrianus San serta Bupati Manggarai Barat Edistasius Ende dan jajarannya.

Baca juga  Konferensi Polwan Internasional Digelar di Labuan Bajo, Ini Program Terpenting IAWP

Setibanya di Bandar Udara Komodo, Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan langsung bergerak menuju Hotel Ayana untuk melakukan kegiatan mandiri.

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol. Rishian Krisna mengatakan, selama di Labuan Bajo Panglima TNI dan Kapolri melaksanakan beberapa agenda antara lain melakukan bakti sosial dan melihat langsung pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.

Selain monitoring Vaksinasi, sambung Rishian Krisna, kunker Panglima dan Kapolri dilanjutkan dengan peresmian Mako Brimob Subden 4 Labuan Bajo serta membuka kegiatan Konferensi Polisi Wanita Internasional (IAWP) 6-12 November 2021.

Baca juga  Panglima TNI dan Kapolri Resmikan Brimob Presisi Labuan Bajo

“Di Labuan Bajo, Panglima dan Kapolri memantau pelaksanaan vaksinasi di halaman Gereja Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Peresmian Mako Brimod Subden 4 Labuan Bajo dan membuka Konferensi Polisi Wanita Internasional (IAWP),” kata Kombes Pol Rishian Krisna kepada pers di Labuan Bajo.

Peserta IAWP  dari 17 negara

Sebelumnya Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Irjen Pol Johni Asadoma mengatakan, Konferensi IAWP digelar di Labuan Bajo karena Indonesia berhasil memenangkan bidding (lelang pen) yang dilaksanakan di Quito Ekuador tahun 2019 lalu sehingga hasil diskusi nasional, Provinsi NTT dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan konferensi ini, tepatnya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Menurutnya IAWP ke-58 ini, diikuti sebanyak 17 negara peserta yakni Amerika Serikat, Inggris, Arab Saudi, Jerman, Turki, Timor Leste, Kanada, Filipina, Malaysia, Ghana, Nigeria, Korea Selatan, Belanda, Singapura, Selandia Baru, Taiwan dan Australia.

Baca juga  Launching HPSN 2020 di Labuan Bajo

“Selain itu ada juga peserta offline dari luar negeri sebanyak 50 orang dan observasi sebanyak 25 orang dari 17 negara,” papar Irjen Pol. Asadoma kepada awak media di Labuan Bajo, Jumat.

Pemilihan Labuan Bajo sebagai venue konferensi untuk mendukung pariwisata Labuan Bajo sebagai Destinasi wisata super prioritas (DPSP).

Mantan Wakapolda NTT itu memastikan kegiatan tersebut mengikuti prokes Covid-19.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTT, Polda NTT, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Polres Manggarai Barat serta BNPB, baik untuk kesiapan sebagai tuan rumah maupun penekanan laju COVID-19. Semua bersepakat bahwa kegiatan itu akan dilaksanakan dengan Prokes ketat,” tekan Asadoma. (js)

Tag: