Parade Kebangsaan Buka Konferensi Polwan Internasional di Labuan Bajo

 

Parade of nations membuka kegiatan IAWP di Labuan Bajo (ist).

Floressmart- Konferensi Polwan Internasional atau International Association of Women Police (IAWP) dihelat di Labuan Bajo, Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pembukaan IAWP ke-58 ini diawali dengan parade of nations.

Peserta yang mengikuti parade ini berjumlah 400 orang, terdiri dari 200 orang peserta partisipan dari 37 negara, termasuk Indonesia. Kemudian 200 orang lainnya terdiri dari tim marching band dari SMAK Ignatius Loyola, SMP Arnoldus, dan para pemuda pemudi pembawa bendera dari sejumlah paguyuban di wilayah Manggarai Barat.

Kegiatan parade dibuka secara langsung oleh Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol. Johni Asadoma didampingi Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari, Karojianbang Lemdiklat Polri Brigjen Pol. Juansih, Kapusjarah Polri Brigjen Pol. Apriastini Bakti Bugiansri. Selain itu para tamu VIP yang juga turut serta menyaksikan parade ini, yakni Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, para partisipan dari negara lain. Parade of nation yang digelar Sabtu sore (6/11/2021) ini disambut meriah oleh masyarakat Labuan Bajo.

Baca juga  Ini Alasan Kenapa MoU BOPLBF dan Kokotuku Belum Jalan

“Konferensi Polwan Internasional ini adalah suatu acara Polwan Internasional yang dilaksanakan setiap tahun. Dan ini adalah konferensi yang ke-58. Kita boleh berbangga bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Indonesia, khususnya Labuan Bajo, NTT. Ini suatu berkah yang luar biasa,’’ujar Kadivhubinter Polri di Labuan Bajo.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, yakni tetap menjaga jarak dan memakai masker. Parade ini dilaksanakan berjalan mengelilingi Labuan Bajo dengan menggunakan seragam kebesaran kepolisian dari negara masing-masing, juga akan diiringi oleh drum band serta bendera dari masing-masing negara.

Baca juga  Launching HPSN 2020 di Labuan Bajo

Tampak  perwira kepolisian dari negara-negara peserta  didampingi Polwan Indonesia dan pembawa bendera yang mengenakan pakayan adat dari sejumlah daerah. Kegiatan IAWP berlangsung hingga 11 November 2021.

Sebelumnya Ketua IAWP Brigjen Pol. Juansih, menjelaskan program terpenting dari konferensi Asosiasi Polwan Internasional adalah Training Sessions dimana terdapat 6 keynote meliputi Mendagri, Under Secretary General for Peace Operations dan 4 diantaranya adalah Inspiring Female Leader dari tanah air seperti Menkeu, Menlu, Wamenparekraf, dan Wakapolda Kalimantan Tengah.

Baca juga  BOPLBF Bersama Dinkes Mabar Gelar Pelatihan Makanan Olahan Cepat Saji

“Selain itu terdapat 65 pembicara yang akan berbagi keahlian, pengetahuan, pengalaman dan best practice untuk meningkatkan dan mencerahkan,” urai Brigjen Pol. Juansih.

Adapun tema yang di angkat dalam konferensi IAWP tahun ini adalah “Women at The Center Stage of Policing” dengan 5 (lima) sub tema meliputi Women, Peace and Security, Women and Leadership, Police Women and Their Challenges, The Role of Women in Policing, Science, Technology and Policing, Current Issues on Transnational Crimes. (js)

Tag: