Mantap! Angka Covid-19 di Manggarai NTT Tinggal 2 Kasus

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodi Moa (Photo: floressmart).

Floressmart- Angka penularan Covid-19 di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur dari waktu ke waktu menurun jauh hingga menyentuh nol persen. Hal ini diklaim sebagai bukti vaksinasi ampuh dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona selain efek penerapan protokol kesehatan yang ketat dan PPKM oleh Pemerintah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Manggarai, Lodi Moa mengatakan selama program vaksinasi berjalan dari bulan April 2021, angka penularan terus melandai bahkan saat ini kata dia hanya tersisa dua kasus aktif dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Baca juga  Stop Pandemi COVID-19 Kejaksaan Manggarai NTT Gelar Vaksinasi Massal

“Tokcer pokoknya efek vaksin ini. Dua kasus aktif ini saja yang ada, semoga tidak bertambah,” ujar Lodi Moa dihubungi Jumat (19/11/2021).

Meskipun hanya ada dua kasus dan tidak ada lagi pasien covid yang dirawat di rumah sakit namun sampai saat ini menurutnya, Kabupaten Manggarai masih berada pada level 2 PPKM.

“Kita ikuti saja petunjuk dari pusat. Kita masih PPKM level 2. Dengan demikian maka harus tetap waspada dan menaati protokol kesehatan. Tetap pakai masker dan tidak boleh menggelar acara yang melebihi ketentuan PPKM,” kata Lodi.

Baca juga  Tinjau Vaksinasi di Labuan Bajo, Panglima TNI dan Kapolri Puji Kesadaran Masyarakat

Menurut Lodi Moa, dalam sebulan terakhir memang ada 11 kasus penularan. Sembilan diantaranya dinyatakan sembuh. Hasil pelacakan kontak erat pasien pun, sambung Lodi, hasilnya negatif.

“Dua warga yang masih isolasi mandiri masing-masing satu orang di Reok Barat dan satu di Satar Mese Barat. Kontak erat juga telah diperiksa, negatif,” sebutnya.

Untuk tahu saja, jumlah kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Manggarai berjumlah 128 dari total 6219 kasus penularan. Sementara data pasien yang sembuh berjumlah 6089 orang.

Gencarkan vaksinasi

Pelan tapi pasti, upaya vaksinasi tetap digencarkan. Diterangkan Lodi Moa, vaksinasi dosis I telah disuntikkan kepada 450.098 sasaran dan dosis II untuk 253.960 sasaran. Kemudian vaksinasi dosis III untuk tenaga kesehatan mencapai 6.352 sasaran.

Baca juga  Sempat Dirawat, Warga Lawir Ruteng Meninggal Akibat Covid

Ditambahkan dia, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai telah mendapat stok lagi terdiri dari Sinovac (single dose) sebanyak 2.880 dosis, Astra Zeneca (single dose) 750 dosis, Moderna (single dose) 11.228 dosis.

“Vaksinasi terus berjalan dan stok siap pakai masih cukup,” sebut Lodi.

Menurutnya, jumlah penggunaan vaksin yang sudah dilaporkan melalui aplikasi SMILE sinovac (singel dosis) 4.600 dosis, Sinovac (multidosis) 41.720 dosis, AZ Covax 3.440 dan Astra Zeneca Japan 1000 dosis. (js)

Tag: