Pengurus DPC PAN se-NTT Ditetapkan Secara Virtual

Jajaran DPD PAN Manggarai mengikuti Muscab PAN NTT secara virtual (Photo : Ist).

Floressmart- Anggaran Dasar BAB VII pasal 15 poin (1) huruf (d) dan Anggaran Rumah Tangga PAN BAB XIX pasal 75 ayat (6) hasil kongres V PAN Tahun 2020 serta Peraturan Partai Nomor 03 Tahun 2020 tentang Permusyawaratan Tingkat Wilayah, Daerah, Cabang dan Ranting PAN BAB V pasal 9 ayat (3) maka DPW PAN NTT menetapkan penyelenggaraan Musyawarah Cabang (Muscab) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Muscab gelombang I telah digelar secara virtual yang disiarkan dari Rumah DPD PAN pada Sabtu 20 November 2021 dipimpin Ketua PAN NTT, Awang Notoprawiro. Sementara gelombang II dilaksanakan pada 4 Desember 2021 mendatang.

Baca juga  Sesumbar Bupati Gagal oleh DPRD Dianggap Aneh

Pada gelombang pertama hari ini (Sabtu) telah ditetapkan pengurus PAN tingkat kecamatan untuk 11 kabupaten. Sisanya ditetapkan pada gelombang II nanti.

Sekretaris DPD PAN Kabupaten Manggarai, Ebert Ganggut menjelaskan, kegiatan ini digelar dalam rangka konsolidasi dan penguatan kapasitas kader partai sampai di tingkat kecamatan.

“Muscab PAN ini dilaksanakan 2 tahap dan dipimpin langsung oleh ketua DPW PAN NTT Bapak Awang Notoprawiro secara daring. Tahap pertama hari ini telah menetapkan 131 pengurus DPC yang tersebar di 11 kabupaten/kota. Untuk pengurus DPC di 12 kecamatan di kabupaten Manggarai saat ini sudah ditetapkan tadi pada gelombang pertama,” ujar Ebert usai mengikuti Muscab bersama para pengurus PAN Manggarai di Ruteng,Sabtu.

Baca juga  Politisi PAN Optimis DM Menang Lagi di Rahong Utara

Menurut Ebert, Muscab ini biasa dilakukan di awal periode kepemimpinan baru pada setiap tingkatan. Muscab kali ini kata dia untuk mengukuhkan kepengurusan tingkat DPC (kecamatan) periode 2021-2025.

“Oleh karena itu dalam rangka memperkuat kapasitas partai di tingkat kecamatan maka kepengurusan organisasi partai di tingkat kecamatan perlu dibenah dan ditata kembali sekaligus memperkuat kaderisasi partai,” ujar Ebert.

“Kader adalah motor penggerak perjalanan organisasi, kader bukan semata-mata menjadi anggota, akan tetapi kader adalah tulang punggung partai yang siap bergerak untuk menjadi garda terdepan dalam memenangkan kompetisi di setiap pemilu,” terangnya menambahkan.

Baca juga  Belasan Paket Proyek Dinas PUPR Manggarai Dicoret, Legislator : Kebijakan Barbar

Disampaikan dia, sejumlah agenda politik bakal dikerjakan PAN ke depan adalah, pertama, konsolidasi organisasi untuk penguatan infrastruktur dan jaringan partai sampai pada tingkat ranting di desa/kelurahan.

“Kedua, menjaga dan merawat soliditas organisasi. ketiga,mewujudkan PAN sebagai partai yang populis yang selalu mendapat tempat di hati rakyat. Keempat, membenahi kembali manajemen partai dalam rangka merumus langkah-langkah strategis untuk memenangkan pemilu 2024,” cetus Ebert.

Legislator tiga periode itu berkata, kegiatan penetapan ketua dan kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PAN di 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai hari ini diikuti oleh pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Manggarai, Fraksi PAN dan perwakilan DPC dari 12 kecamatan di Kabupaten Manggarai. (js)

Tag: