Komitmen Tirta Komodo dan Tirta Banari Memajukan BUMD Air Minum di NTT

Direktur Perumda Tirta Komodo, Marselus Sudirman dan Direktur PDAM Tirta Banari, Sua Yoseph (Photo : Ist).

Floressmart- Direktur PDAM Tirta Banari Kabupaten Ngada, Sua Yoseph bersama rombongan melakukan kaji banding dan sharing terkait pembentukan perusahaan umum daerah pada Perumda Air Minum Tirta Komodo Kamis (30/12/2021) di Ruteng Manggarai.

Selain itu, kunjungan ini diisi dengan diskusi dan sharing terkait kendala dan kiat-kiat dalam memajukan BUMD Air Minum di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), agar dapat bersaing dengan BUMD Air Minum yang sudah maju di Indonesia.

Rombongan “Tukang Ledeng” berjumlah lima belas orang itu diterima Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Marselus Sudirman bersama jajarannya. Penyambutan secara adat Manggarai itu ditandai dengan pengalungan selendang khas bumi Nuca Lale.

Isu-isu strategis

Adapun isu-isu yang didiskusikan dalam kunjungan PDAM Tirta Banari di antaranya: soal produk hukum turunan dari Perda Pembentukan Perumda, Manajemen Aset, Perda Penyertaan Modal, Program Hibah Air Minum Perkotaan, Aplikasi Keuangan dan Baca Meter, metode penanganan kehilangan air, dan kiat-kiat untuk peningkatan efisiensi penagihan.

Baca juga  Kebijakan Ciamik Perumda Tirta Komodo, Meteran Gratis dan Tarif Air Minum Hanya Rp1700 Rupiah per 1000 Liter

Direktur PDAM Tirta Banari Sua Yoseph menjelaskan, saat ini PDAM Tirta Banari sudah berubah bentuk dan nama menjadi perusahaan umum daerah.

Karena itu, Tirta Banari perlu melakukan kaji banding tentang progress PDAM di NTT yang sudah menjadi perusahaan umum daerah.

Dan salah satu BUMD air minum yang menunjukan kemajuan adalah Perumda Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai.

Menurut pria yang lama berdinas di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ngada ini, sabankali dalam pertemuan level regional Perumda Air Minum Tirta Komodo menjadi BUMD air minum yang sering kali dijadikan contoh karena berhasil dalam beberapa kegiatan penting nasional di antaranya program hibah air minum perkotaan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca juga  Wabup Manggarai Umumkan Marselus Sudirman sebagai Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo

Karena itu, lanjutnya, sangat tepat PDAM Tirta Banari “belajar” dari Perumda Tirta Komodo Kabupaten Manggarai.

Saat ini Tirta Banari memiliki 10.000 pelanggan dan melayani 9 IKK di Kabupaten Ngada.

Kunjungan ini merupakan kegiatan kaji banding dan sharing susulan setelah pada bulan Februari 2021 lalu jajaran Pemerintah, Dewas dan Pelaksana Tugas Direktur PDAM Tirta Banari melakukan kegiatan kaji banding pertama terkait pembentukan perusahaan umum daerah di Ruteng.

“Saya tidak menyangka diterima dengan luar biasa di Perumda Tirta Komodo,” ungkap Yoseph.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Marselus Sudirman, mengucapkan terima kasih atas kunjungan PDAM Tirta Banari Kabupaten Ngada.

Pelanggan terbanyak dan Perumda sehat

Kunjungan ini, lanjutnya, menandakan ada kepercayaan dari PDAM-PDAM tetangga bahwa Perumda Air Minum Tirta Komodo dapat menjadi tempat untuk belajar bersama.

“Kami sudah melayani 9 dari 12 Kecamatan di Kabupaten Manggarai, tersisa ada tiga kecamatan yang masuk di rencana kerja tahun 2022. Saat ini untuk level NTT, Tirta Komodo memilik pelanggan terbanyak. Kemudian, hasil audit BPKP, Perusahaan ini masuk kategori sehat dengan nilai 3,08,” paparnya.

Baca juga  Komentari Rekaman Beredar, Direktur Tirta Komodo : Belum Ada Perekrutan Baru

Untuk diketahui, jumlah pelanggan Perumda Air Minum Tirta Komodo sampai dengan November 2021 sebanyak 31.392.

Pelanggan terbanyak berada di Kota Ruteng sebanyak 15.488 SR, sedang yang paling sedikit di IKK Satar Mese Utara sebanyak 412 SR.

Sejak tahun 2013, Perumda AM Tirta Komodo konsisten melaksanakan program hibah air minum perkotaan untuk MBR.

Total penambahan pelanggan dari Program Hibah Air Minum MBR sebanyak 14.518 SR dengan jangkauan 75 desa yang terlayani.

Rincian capaian pelaksanaan pemasangan sambungan rumah (SR) MBR per tahun di antarannya: 2013 (514 SR), 2014 (461 SR), 2015 (732 SR), 2016 (1.379 SR), 2017 (1.986 SR), 2018 (2.703 SR), 2019 (3.413 SR), 2020 (3.330 SR) dan 2021 (1.895 SR). (js)

Tag: