Tujuh Masjid di Reok Gelar Salat Tarawih Malam Ini

Imam Masjid Besar Nurul Huda Reok, Ahmad Usman . (Foto : Floressmart).

Floressmart- Umat Muslim akan menggelar Salat Tarawih berjemaah di tujuh masjid yang berada di Kota Reok, Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/4/2022).

Kendati awal Ramadhan 1443 H tidak serempak di seluruh Indonesia, pelaksanaan Salat Tarawih di Kecamatan Reok malam ini dilakukan berdasarkan keputusan Sidang Isbat Kementerian Agama Republik Indonesia.

Imam Masjid Besar Nurul Huda Reok, Ahmad Usman mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh masjid di wilayah itu untuk menggelar Ibadah Salat Tarawih mulai malam ini berdasarkan keputusan Pemerintah.

“Sedikitnya ada tujuh masjid di Kecamatan Reok yang akan menggelar ibadah tarawih malam ini. Masjid itu tersebar di beberapa wilayah, seperti di pusat Kota Reo, di Kelurahan Mata Air, di Kelurahan Wangkung dan Desa Salama,” kata Usman ditemui Floresmart, Sabtu (2/4/2022) siang.

Ketujuh masjid yang akan menggelar salat tarawih berjemaah itu antara lain, Masjid Nurul Huda, Masjid Nurul Anwar, Masjid Nurul Fallah, Masjid Nurul Barokah, Masjid Nurul Iman, Masjid Nurul Yakin dan Masjid Nurul Yasin.

Tujuh masjid yang disebutkan itu, kata Usman, merupakan masjid yang berada di seputaran wilayah Kota Reo saja, belum terhitung masjid dan mushola yang berada di luar Kota Reo, seperti di Desa Paralando sampai Lemarang.

Masjid yang terletak di luar wilayah kota itu juga sudah diimbau untuk melaksanakan Salat Tarawih berjemaah mulai malam ini.

“Jadi untuk yang di luar wilayah Kota Reo kami sudah instruksikan agar melaksanakan salat tarawih di masjid masing-masing. Sedangkan untuk wilayah dalam Kota Reo juga bisa dilakukan di masjid sendiri atau di masjid besar,” tutur mantan Kepala Kantor KUA Kecamatan Reok itu.

“Untuk semua umat muslim memang tidak ada batasan. Kalau mau tarawihnya di masjid sendiri juga boleh, kalau mau masjid besar juga boleh. Tetapi sebaiknya yang di kampung-kampung itu melaksanakan tarawih di masjid sendiri saja dari pada harus jauh-jauh ke kota,” tuturnya lagi.

Lebih lanjut mantan guru MAN 1 Manggarai itu menuturkan, kegiatan Salat Tarawih berjemaah di Kecamatan Reok dilaksanakan tanpa jarak saf. Artinya sudah normal lagi, tanpa ada batasan, sebab tahun ini pemerintah sudah memberi kelonggaran.

Taat prokes

Namun kata dia, protokol kesehatan tetap akan dijalankan secara ketat karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Prokesnya tetap kita jalankan. Imbauan pemerintah tetap kita ikuti seperti, cuci tangan, pakai masker dan hal-hal lainnya,” tutur Usman.

Sementara untuk persiapan jelang Tarawih, ia mengaku sudah memantapkan diri sepenuhnya untuk mengikuti ibadah, baik itu Tarawih maupun Tadarus dan jenis ibadah lainnya.

Sedangkan untuk persiapan di masjid, ia mengaku sudah melakukan pembersihan keliling masjid sejak tiga hari yang lalu sebelum dikeluarnya Maklumat Isbat terkait penetapan bulan puasa.

Ia juga berharap agar Salat Tarawih ini diikuti dengan sebaik-baiknya oleh umat Muslim demi menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan hati yang bersih.

Laporan: Berto Davids

Tag: