Tahapan Pemilu Serentak 2024 Dimulai, Apel Siaga Pengawasan Digelar

Foto Apel siaga pengawasan Pemilu serentak 2024 digelar di Kantor Bawaslu Manggarai (Foto : Bawaslu Manggarai).

Floressmart- Pemilu 2024 akan menjadi sejarah baru dan momentum besar bagi perjalanan demokrasi bangsa Indonesia. Dan hari ini, tepatnya 14 Juni 2022, tahapan Pemilu 2024 dimulai.

Apel siaga pengawasan ini berpusat di Bawaslu RI dan dilakukan secara serentak di seluruh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia pada pukul 08:00 WIB.

Dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 yang tahapannya dimulai hari ini, Bawaslu Kabupaten Manggarai menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak 2024 di halaman kantor Bawaslu Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, Selasa, (14/6/2022).

Baca juga  Polemik Dana Pilkada 2020, Penjabat Sekda: Kemampuan Fiskal Manggarai Rendah

Pembina Upacara Apel Siaga Pengawasan, Fortunatus Hamsah Manah mengatakan dengan kesiapsiagaan yang matang dan disertai dengan evaluasi diri, kita akan mampu mengantisipasi berbagai tantangan dan masalah yang akan kita hadapi pada tahapan Pemilu 2024 yang pelaksanaannya dimulai pada hari ini.

Fortunatus pun berharap momentum Apel Siaga Pengawasan ini dapat dijadikan momentum untuk melakukan edukasi kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian mereka terhadap pelaksanaan pemilu serentak 2024 yang tantangannya semakin kompleks.

Baca juga  Caleg-caleg di Paroki Karot ‘Bersumpah’ Tolak Politik Uang di Altar Gereja

“Momentum Apel siaga ini kita jadikan sebagai momentum di mana kita mengingatkan semua pihak baik penyelenggara pemilu, peserta pemilu, maupun masyarakat pemilih tentang betapa kompleksnya tantangan yang akan kita hadapi dalam pemilu serentak 2024, di mana kita melaksanakan pemilu dan pemilihan pada tahun yang sama”, ujarnya.

Karena itu, kata Fortunatus, Bawaslu harus menjadi pelopor dalam menggerakkan masyarakat untuk ikut terlibat aktif mencegah dan menolak segala bentuk pelanggaran pemilu, seperti halnya politik uang yang kerap terjadi. Sekalipun ini bukan pekerjaan mudah, namun saya yakin, dengan kesiapsiagaan, kita dapat mewujudkan cita-cita pelaksanaan pemilu serentak 2024 secara jujur, adil dan damai.

Baca juga  Bawaslu : Manggarai Zona Merah Corona, Pengerahan Massa Saat Pendaftaran Pilkada Beresiko

Ia juga menegaskan agar seluruh jajaran pengawas pemilu di lingkup Bawaslu Kabupaten Manggarai agar bahu membahu bersama seluruh pemangku kepentingan terkait untuk menguatkan peran masing-masing dalam proses pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 agar dapat berlangsung secara aman, damai, tertib, jujur, adil, dan berkepastian hukum.

Untuk diketahui, apel siaga pengawasan itu juga diikuti oleh seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Manggarai. Apel siaga pengawasan tahapan Pemilu serentak 2024 itu juga ditandai dengan penekanan tombol Sirene oleh pembina upacara.(js)

Tag: