Digitalisasi Desa Menuju Smart Village

Gambar ilustrasi data desa digital (Ist)

Oleh : Sumardi
Kepala Desa Siru | Manggarai Barat

Floressmart- Narasi smart village atau desa cerdas, bagi sebagian masyarakat kita mungkin diksi yang asing dan baru didengar.

Smart village, merupakan sebuah konsep yang memanfaatkan teknologi informasi, untuk mengintegrasikan seluruh infrastruktur dan pelayanan pemerintah desa atas warganya.

Penerapan konsep smart village dalam sebuah perencanaan pembangunan desa, bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan desa yang tidak hanya inovatif, tapi juga sustainable.

Baca juga  Pers dan Demokrasi : Catatan Kritis Hari Pers Nasional

Disamping itu, smart village juga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan mengintegrasikan elemen pemerintahan, ekonomi, kualitas hidup, lingkungan, dan sumber daya manusia.

Smart village setidaknya memberikan garansi, untuk membuat semakin banyak desa, yang memiliki cara pengelolaan yang cerdas, dengan mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi, dalam pembangunan dan pengelolaan desa.

Peran aktif dan partisipasi masyarakat dalam mengelola desa juga sangat dibutuhkan, sehingga terjadi interaksi yang lebih dinamis dan erat, antara warga masyarakat dengan penyedia layanan (pemerintah).

Baca juga  Mengenang Pengorbanan Ibrahim dan Ismail

Penyusunan master plan smart village, dipandang perlu mulai di pikirkan oleh pemerintah daeah, melalui dinas teknis, Dinas Informasi dan Komunikasi.

Narasi desa cerdas merupakan break down dari rencana strategis pemerintah daerah, yang tertuang dalam visi misi, dan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi dan Yulianus Weng.

Baca juga  Pers dan Demokrasi : Catatan Kritis Hari Pers Nasional

Penyusunan master plan smart city, yang digagas pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Barat tahun 2021 adalah pintu masuk menuju smart village.

Gagasan membangun desa cerdas, yang di ikhtiarkan beberapa desa di daerah ini patut diapresiasi, sebab ini adalah sebuah ikhtiar untuk mendekatkan pelayanan, dengan memaksimalkan teknologi informasi.

Beri rating artikel ini!
Tag: