Dalam Sepekan Pemuda Pengangguran Ini Tiga Kali Mencuri di Ruteng, Simak Pengakuannya

Pelaku pencurian sepeda motor Andiseltus Mbaga di Mapolres Manggarai (Foto : Floressmart).

Floressmart- Dengan tangan terborgol, Andiseltus Mbaga digelandang ke Polres Manggarai, Selasa (23/8/2023). Pemuda 20 tahun ini ditangkap tim Jatanras setelah dia mencuri sepeda motor.

Dari pengakuannya, selain menggasak sepeda motor Yamaha Vixion di Kelurahan Tenda Ruteng pemuda asal Desa Lolang Kecamatan Satar Mese ini juga mencuri HP dari dalam mobil yang terparkir di depan toko keramik di Wae Locak.

“Seminggu ini saya mencuri beras, motor vixion dan HP,” ujar Andiseltus di Mapolres Manggarai, Selasa.

Baca juga  Polisi Bekuk Spesialis Bobol Mobil di Ruteng, Pelaku Ngaku Curi Uang Puluhan Juta

Dia menceritakan, telah mengambil sebuah HP merek Infinix dari sebuah mobil di Wae Locak saat pemilik kendaraan sedang belanja di toko keramik pada hari Senin (21/8/2022) sedangkan empat hari sebelumnya dia mencuri motor di sebuah rumah di Kelurahan Tenda.

“Saya sebenarnya ke Wae Locak hendak melamar kerja di toko keramik tapi begitu saya lihat ada HP di dalam mobilnya ya saya ambil. Waktu itu pemiliknya masuk ke dalam toko tanpa mengunci mobilnya,” tutur Andi.

“Sedangkan motor vixion saya dorong pada jam tiga pagi. Motor ini mudah saja saya bawa karena tak ada kuncinya lalu saya lepas di kelurahan Lawir karena habis bensin,” imbuhnya.

Baca juga  Jatanras Polres Manggarai Tangkap Pelaku Curanmor

Adapun HP yang dicurinya di Wae Locak kata dia belum laku dijual meskipun dia sudah menawarkan ke beberapa kenalannya.

“HP saya pakai dulu karena tidak ada yang beli. Tapi hari ini saya ditangkap dan HPnya sudah diambil pak polisi,” sebutnya.

Dalam sepekan,pelaku yang adalah seorang pengangguran mengaku sudah tiga kali beraksi yakni mencuri beras di kosa-kosan di Kelurahan Tenda, mencuri HP serta sepeda motor.

Baca juga  Ditangkap Karena Curi HP, Pemuda Ini juga Ternyata Pelaku Curanmor di Ruteng

“Hanya beras yang berhasil dijual dengan harga Rp70 ribu sedangkan HP dan motor sudah diamankan polisi,” tuturnya.

Andiseltus mengaku beraksi sendiri. Dia berdalih terppaksa mencuri dengan alasan ekonomi. Dia juga bilang, niat mencuri itu muncul setelah dia mengalami kecelakaan sepeda motor.

“Memang faktor ekonomi juga pak. Tapi saya jadi berani mencuri setelah beberapa minggu lalu saya kecelakaan motor kena benturan di kepala makanya saya tidak bisa mengontrol keinginan saya,” ungkapnya.

Anak kelima dari tujuh bersaudara ini kini meringkuk di dalam tahanan Polres Manggarai. Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara.(js)

Tag: