Polres Manggarai Tangkap Penyelundup, Amankan Belasan Ekor Sapi dan Kapal

Tim Satreskrim Polres Manggarai saat menangkap kapal penyelundup sapi di Reok Barat (Sumber : Polres Manggarai).

Floressmart- Kapal Motor (KM) Mutiara disergap di pantai Paralando Reok Barat Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (1/10/2022) dini hari.

Saat ditangkap, sejumlah orang tengah memasukkan sapi-sapi ke dalam kapal. Sebanyak 16 ekor sapi betina hendak diselundupkan ke wilayah NTB secara ilegal.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Manggarai Iptu Arviandre Maliki yang memimpin penangkapan mengatakan pihaknya mengamankan kapal, 16 ekor sapi dan nahkoda kapal MS, pria 63 tahun beralamat di Balisondo Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Baca juga  Tak Nafkahi Anak, Oknum Polisi Dilaporkan Lagi ke Polres Manggarai

Menurutnya, penangkapan yang ia pimpin bersama Kanit Tipidter Ipda Timothy Torro Boseke dilakukan setelah tim melakulan pemantauan lokasi.

Sebagai informasi, wilayah Ojang Reok Barat merupakan pantai sepi tanpa signal HP yang sejak lama dijadikan tempat penyelundupan hewan ternak.

Belasan ekor sapi yang hendak diselundupkan ke Bima NTB ( Sumber : Polres Manggarai).

Sebuah prestasi untuk jajaran Polres Manggarai karena berhasil mengungkap praktik penyelundupan hewan ternak keluar antarprovinsi meskipun tindak kriminal itu santer diberitakan media selama dua tahun terakhir.

Baca juga  Febrianus dan Andreas Ditemukan Tewas di Dasar Jurang

“Pemantauan dilakukan sejak lama dan ternyata banyak akal bulus yang dilakukan pelaku mereka berpindah-pindah tempat dan dini hari tadi sekitar pukul 01.45 WITA kita berhasil menangkap 1 kapal yang memuat 16 ekor sapi tanpa dokumen,” ujar Iptu Arviandre Maliki dihubungi Sabtu siang.

“Pelaku mengeluarkan sapi bukan dari tempat legal yang ditentukan serta tidak dilengkapi dengan dokumen sertifikat Kesehatan yang sementara memuat sapi ke dalam kapal motor laut,” ujar Kasat Maliki menambahkan.

Baca juga  Sikat 303, Jatanras Bekuk Bandar Togel di Kecamatan Ruteng

Setelah dilakukan interogasi terhadap MS pemilik kapal diketahui bahwa belasan sapi betina itu hendak dbawa ke Kabupaten Bima.

“Saat ini kapal perahu motor diamankan di Polair Reo dan 16 Ekor sapi di titipkan di karantina Reo. Sedangkan pemilik kapal MS beserta anak buahnya diamankan di Polres Manggarai untuk pemeriksaan lebih lanjut,” terangnya. (js)

Tag: