Paroki Kristus Raja Pagal dan Perumda Tirta Komodo Hijaukan Puar Muwang

Direktur Perumda Tirta Komodo Marselus Sudirman bersama peserta kegiatan tanam pohon di puar Muwang. (Foto :Ist)

Floressmart- Panitia HUT ke-83 Paroki Kristus Raja Pagal, bekerja sama dengan Perumda Air Minum Tirta Komodo mengadakan kegiatan penanaman pohon Ara di Puar (hutan) Muwang, Pagal,Rabu (16/11/2022).

Kegiatan ini bertepatan juga dengan Hari Menanam Pohon yang dilaksanakan pada 16 November setiap tahun.

Mengusung tema Perayaan HUT “Anak-Anak Mencintai Alam dan Budaya” kegiatan ini mengikutsertakan sekitar 200 peserta yang mewakili anak-anak di tingkat paroki. Memulai kegiatan penanaman dengan Ibadah Ekologis di Halaman Gereja Kristus Raja Pagal.

Baca juga  Luar Biasa! Kinerja Perumda Tirta Komodo Terbaik di NTT

Sebelum ditanam, pohon-pohon yang disiapkan Perumda Tirta Komodo diberkati terlebih dahulu oleh pastor paroki.

Dalam kotbah singkatnya, Pastor Paroki Kristus Raja Pagal, Pater Abbah Al-Lazar, OFM mengingatkan kepada anak-anak bahwa pohon yang ditanam juga menanamkan sebuah memoria bahwa mereka bertanggung jawab untuk melestarikan dan menjaga alam.

” Tuhan, semoga pohon ini bertumbuh dan memberi kami udara yang segar dan air yang menghidupkan,” demikian doa yang dipimpin pastor.

Baca juga  Perumda Tirta Komodo Konsisten Laksanakan Program MBR

Direktur Perumda Tirta Komodo Marselus Sudirman memimpin langsung kegiatan penanaman pohon ara tersebut.

Karena menjadi kalender tahunan, kegiatan yang sama akan kembali diadakan pada 22 Maret 2023 dalam rangka Hari Air Sedunia yang pastinya bersama Perumda Air Minum Tirta Komodo.

Adapun peserta kegiatan penghijauan di antaranya; SDK Kuwu, SMA Negeri 1 Cibal, SDK Pagal 1 dan 2, OMK, Sekami, DPP Paroki Kristus Raja Pagal dan para Pegawai Perumda Air Minum Tirta Komodo kantor pusat dan IKK Pagal.

Para pelajar ambil bagian dalam kegiatan tanam pohon di puar Muwang. (Foto :Ist).

Komitmen jaga kelestarian hutan dan air

Baca juga  Komitmen Tirta Komodo dan Tirta Banari Memajukan BUMD Air Minum di NTT

Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, Marselus Sudirman berkomitmen agar kerja sama dengan semua pemangku kepentingan terutama Gereja dalam usaha menjaga kelestarian hutan dan air akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Program ini sejalan dengan komitmen Perumda untuk mewariskan mata air bukan air mata. Perumda berkomitmen agar usaha konservasi ini terus melibatkan semakin banyak pihak dan menjadi kegiatan berkelanjutan, ” katanya.

Lanjut Marsel Sudirman, pohon-pohon yang sudah ditanam dirawat dan diberi pupuk.

“Perumda akan menugaskan staf sumber untuk rutin merawat pohon-pohon yang sudah ditanam,” sebutnya. (js)

Tag: