Perangi Dampak Perubahan Iklim, PLN dan Masyarakat Satarmese Galakkan Pengembangan Hutan Ekonomi

Kegiatan tanam pohon HMPI bersama PLN di Satarmese (Foto : Ist).

Floressmart- Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada 28 November setiap tahun, PLN menggelar aksi menanam pohon yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur, aksi penanaman anakan pohon digelar di 4 desa Kecamatan Satarmese, yakni Desa Wewo, Lungar, Mocok, dan Desa Golomuntas.

Aksi ini melibatkan masyarakat beserta jajaran pemerintah desa yang ada di 4 desa tersebut. Sebanyak 5.000 bibit tanaman yang terdiri dari tanaman Kopi dan Cengkeh menjadi prioritas pada kegiatan tahun ini, dengan mempertimbangkan pembentukan hutan ekonomi yang dapat di manfaatkan oleh masyarakat di kemudian hari.

Camat Satarmese, Damianus Arjo, menyambut baik aksi ini sebagai upaya kepedulian terhadap lingkungan. Hal ini juga sejalan dengan perkembangan isu perubahan iklim yang harus segera dapat direspon dengan baik, terutama dengan melibatkan masyarakat untuk menjaga kelestarian dan keberagaman ekosistem dengan tetap memperhatikan hajat kehidupan masyarakat sekitar, khususnya kawasan PLTP Ulumbu.

Baca juga  Aksi Tolak Geothermal Poco Leok Ricuh Lagi, Polisi Disebut Penyebab Dua Warga Pingsan

“Diawal kegiatan pembangunan Pengembangan PLTP Ulumbu 5 dan 6, PLN telah melakukan banyak kegiatan sosial dan lingkungan, salah satunya kegiatan ini pemberian bibit kopi dan cengkeh. Semoga tanaman ini memberikan manfaat untuk kita dan semua orang”, jelas Damianus.

Sementara itu, Pejabat Pengendali K3L, Bobby Robson Sitorus menyebut bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen nyata PLN untuk tetap berkontribusi dan turut andil menjaga lingkungan.

PLN bersama jajaran Pemerintah Kecamatan Satarmese saat kegiatan HMPI tahun 2022. (Foto : Ist).

Perangi dampak perubahan iklim

Melalui aksi ini, tambah dia, PLN mengimplementasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) No 13 yaitu melakukan aksi segera dan nyata untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya dengan target menguatkan daya tahan dan kapasitas adaptasi terhadap bahaya hal-hal yang berkaitan dengan iklim dan bencana alam.

“Kami sangat intens dan tentunya sangat yakin dan optimis, untuk terus terlibat dan mengambil peran dalam memerangi perubahan iklim melalui program-program yang memberikan dampak langsung pada lingkungan sekitar dan tentunya dengan konsep turut melibatkan masyarakat sebagai bagian dasar dari alam itu sendiri”ujar Bobby.

Baca juga  Pengembangan PLTP Ulumbu Didukung Warga dan Tokoh Adat Poco Leok

Bobby yang adalah Pejabat Pengendali PLN UIP Nusa Tenggara tersebut melanjutkan, saat ini PLN sedang berproses untuk melakukan perluasan pengembangan pembangunan panas bumi yang berada di Kecamatan Satarmese.

Bentuk perhatian dan aksi kegiatan yang nyata imbuhnya, untuk menghadirkan keseimbangan antara pembangunan infrastruktur kelistrikan dan keselarasan alam dan lingkungan menjadi poin utama yang harus tetap di perhatikan.

“Semoga upaya yang kita lakukan saat ini dapat membuahkan hasil yang maksimal, untuk bumi, alam dan lingkungan kita yang hijau, yang nantinya akan dinikmati oleh anak cucu kita di masa depan,” pungkas Bobby.

Boby sangat mengapresiasi atas antusiasme dan keterlibatan aparat desa, tokoh adat, dan masyarakat desa yang merupakan masyarakat adat setempat, yang merupakan local genius yang memahami wilayah, kultur dan topografi yang cocok untuk menjaga keseimbangan kawasan sekitar.

Baca juga  Aksi Tolak Geothermal Berlanjut, Massa Adang Aparat dan Tim dari PLN

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang turut andil menanam pohon, sehingga nantinya tumbuh selain mendapatkan hasil dari buah, kita juga membantu mengurangi emisi karbon”tutup Bobby.

Saat ini PLN menggalakan gerakan yang merupakan bagian dari upaya pengurangan emisi, dan PLN terus mendukung inisiatif strategis dalam transisi energi. Diketahui, PLN juga tengah menjalankan 8 (delapan) inisiatif strategis dalam menjalankan transisi energi yaitu pemensiunan PLTU batubara, co-firing biomassa, ujicoba co-firing hidrogen dan ammonia, pembangunan pembangkit EBT, smart grid, green energy as a service, dan ekosistem kendaraan listrik.

Sebagai informasi, PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi.

PLN mengusung agenda transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore. (js)

Tag: