Resmikan MBR di Wae Ri’i, Wabup Heri Ngabut ke Penerima Manfaat : Jaga Baik Air Minum

 

Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut meresmikan program MBR hibah air minum di Kecamatan Wae Ri’i (Ist).

Floressmart- Suasana Desa Golo Watu Kecamatan Wae Ri’i Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur lebih ramai dari biasanya meskipun hujan mengguyur sejak Kamis malam dan berlanjut pada Jumat pagi.

Warga tampak antusias mengikuti acara peresmian Hibah Air Minum Perkotaan untuk MBR Tahun 2022. Perwakilan warga penerima manfaat masing-masing dari Desa Golo Wua, Ranggi dan Golo Watu berkumpul di halaman kampung Ru’a, Jumat (23/12/2022).

Hibah air minum untuk masyarak berpenghasilan rendah merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Perumda Air Minum Tirta Komodo sebagai upaya meningkatkan akses air minum untuk masyarakat perkotaan.

Baca juga  Dituding Mengotaki Viralnya Dugaan Suap Istri Bupati, Wakil Bupati Manggarai : Tidak!

Tepuk tangan hadirin bergema saat Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut didampingi Direktur Perumda Tirta Komodo Marselus Sudirman membuka keran air.

Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut menyampaikan apresiasi terhadap usaha semua pihak yang mendukung pelayanan air minum di Kabupaten Manggarai, apalagi di Tiga Desa (Golo Watu, Golo Wua dan Ranggi) sudah lama merindukan pelayanan air minum.

“Saya meminta agar sarana dan prasarana air minum ini dijaga dan kalau ada kendala dalam pelayanan agar didiskusikan,”ucap Wabup Ngabut.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, Marselus Sudirman menyebut warga Wae Ri’i dapat berbangga karena di tahun 2022, warga kecamatan ini menjadi penerima program hibah air minum dengan jumlah terbanyak.

Baca juga  Warga Desak Bupati Copot Kepsek SMPN 1 Cancar

Ia meminta agar warga penerima manfaat yang sudah menjadi pelanggan air minum agar lancar membayar tagihan bulanan.

Turut hadir dalam kegiatan ini unsur-unsur Forkompinda Kabupaten Manggarai, pimpinan perangkat daerah,  anggota DPRD Daerah Pemilihan Wae Ri’i,  Perwakilan BUMN se BUMD serta tokoh-tokoh masyarakat di Kecamatan Wae Ri’i.

Tertinggi Tahun 2022

Kampung Ru’a merupakan lokasi peresmian MBR kedua setelah Bupati Heribertus Nabit meresmikan kegiatan serupa di Desa Rado, Kecamatan Cibal awal Desember 2022 lalu.

Dalam data yang diterima media ini, perumda memasang 3.090 sambungan rumah dari yang diusulkan 3.250 untuk target 10 kecamatan.

Sejak program ini digulirkankan tahun 2013 lalu, sebut Direktur Marselus, tercatat sudah 19.581 KK yang menjadi pelanggan air minum melalui skema hibah air minum perkotaan untuk MBR.

Baca juga  Perumda Tirta Komodo Dapat Cashback Mobil Fortuner dari Bank NTT

Angka 19.581 tersebar di 10 Kecamatan yakni Langke Rembong, Reok, Ruteng, Cibal, Satar Mese, Wae Ri’i, Satar Mese Barat, Satar Mese Utara, Cibal Barat dan Lelak.

Di tengah tantangan imbas pendemi Covid-19, perumda masih bisa melebarkan pelayanan ke Desa Satar Lenda sebanyak 449 sambungan rumah (SR), Desa Ranaka (362 SR), Desa Golo Wua, Ranggi dan Golo Watu ( 943 SR), dan Desa Pong Umpu (125 SR).

Sejak 2013-2022, Kecamatan Langke Rembong merupakan kecamatan dengan realisasi tertinggi dengan SR terpasang sebanyak 5.596, diikuti Kecamatan Wae Ri’i sebanyak 5.504  SR dan Kecamatan Satar Mese sebanyak 2.594 SR. (js)

Tag: