Dubes Irlandia Pantau Simulasi Pelayanan Kesehatan Pasien Disablitas di Manggarai

Dubes Iralndia Padraiq Francis di Puskesmas Bangka Kenda (Foto : Floressmart).

Floressmart- Duta Besar Irlandia untuk Indonesia, berkunjung ke Manggarai Nusa Tenggara Timur, Kamis 27 Januarii 2023.

Kedatangan Padraig Francis ke tanah ‘Nuca Lale’ merupakan tindak lanjut kerja sama Kedubes Irlandia dengan LSM Ayo Indonesia pada bidang kesehatan dan pendidikan khusus untuk penyandang disabilitas.

Padraiq Francis mengikuti kegiatan pelatihan dan simulasi pelayanan disablitas di Puskesmas Kenda Kecamatan Wae Ri’i sampai kegiatan itu selesai.

Dia amat mengapresiasi pola pelayanan humanis yang diperkenalkan Ayo Indonesia pada layanan kesehatan di tingkat puskesmas. Pelayanan seperti memang sudah lama diterapkan di negara-negara yang ramah disablitas.

“Saya menyaksikan langsung pola pelatihan dan simulasi seperti ini persis seperti standar pelayanan ramah disabilitas dan ini luar biasa,” ujar Padraiq.

Baca juga  Begini Penanganan Stunting dan Imunisasi di Wae Belang Selama Corona

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Manggarai, Bartolomeus Hermopan dan Direktur Ayo Indonesia Tarsi Hurmali, Padraiq Francis mencermati betul simulasi pelayanan saat pasien disablitas fisik dan disablitas netra tiba di puskesmas, saat petugas membantu orang berkebutuhan khusus masuk ke dalam tempat registrasi, mendampingi saat pemeriksaan sampai pasien menerima obat.

“Pola-pola pelayanan yang luar biasa ini yang harus dikembangkan ke depan biar semua saudara kita yang berkebutuhan khusus benar-benar nyaman dan mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang memadai sesuai regulasi yang berlaku,” katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas penyambutan yang hangat ketika ia diterima Bupati Heri Nabit di kantor Bupati Manggarai juga interaksi yang akrab bersama dokter dan para nakes serta kaum disabilitas yang mengikuti kegiatan tersebut.

Baca juga  Kopi Kualitas Premium, Mengapa Belum Jadi Fokus Daerah?

“Ini kunjungan yang singkat, tapi saya berharap bukan kunjungan yang terakhir. Terima kasih untuk penyambutan yang hangat dan akrab dari otoritas lokal, petugas dan tentunya penyandang disabilitas yang saya jumpai disini,” ungkap Dubes Padraiq.

Kerja sama penguatan kapasitas

Simulasi kegiatan pelayanan pasien disabilitas di Puskesmas Bangka Kenda (Foto : Floressmart).

Manajer Program Disabilitas di Yayasan Ayo Indonesia, Yohanes Nerdi menerangkan, pihaknya merajut kerjasama dengan Kedutaan Besar Irlandia sejak tahun 2020 sampai 2022 khusus penguatan kapasitas bagi petugas pelayanan kesehatan dalam pelayanan kaum disabilitas.

Baca juga  Darurat Perubahan Iklim, Manggarai Raya Bentuk Sekber PBI 3 Kabupaten

“Kedatangan dubes karena mereka membiayai kegiatan kita di Ayo yaitu terkait akses penyandang disabilitas terhadap puskesmas dan rumah sakit dan juga pendidikan. Kerjama ini sudah dari 2020 sampai 2022,” sebut Yohanes Nerdi.

Kata Nerdi, Dubes Irlandia memang sengaja menjadwalkan kunjungan ke Manggarai karena ingin melihat secara langsung kerja inklusif Ayo Indonesi dengan kelompok pendampaingan disabilitas serta para stake holder.

“Beliau mau terlibat langsung kegiatan pelatihan dan simulasi tata cara meyani disabilitas di puskesmas,” imbunya.

Dijelaskan Yohanes Nerdi, di hadapan Padraig diperlihatkan pelayanan kesehatan untuk pasien disabilitas fisik dan pasien disabilitas netra.

“Kita juga omong tentang bagaimana merancang infrastruktur puskesmas supaya lebih ramah disablitas fisik baru bicara pelayanan teman-teman puskesmas terhadap pasien disabilitas netra,” kata Nerdi (js)

Tag: