RAT XXIII Kopkardios : Membangun Usaha Anggota Dalam Semangat Ekonomi Berkelanjutan

RAT XXIII KSP KOpkardios di Aula Asumpta Ruteng (Foto : Floressmart).

Floressmart- Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopkardios, menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) XXIII, Sabtu (18/3/2023). Seribuan anggota KSP Kopkardios hadir mengikuti RAT tersebut.

Digelar di Aula Asumpta Ruteng Kecamatan Langke Rembong, RAT dibuka secara resmi oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai, Jahang Fansy Aldus ditandai pemukulan gong.

Sekda Jahang Fansy Aldus menyampaikan pujiannya kepada jajaran pengurus, badan pengawas, manajemen serta seluruh anggota KSP Kopkardios yang sudah melewati satu tahun pembukuan.

Disampaikan Jahang, RAT merupakan perintah undang-undang sekaligus forum tertinggi pengurus koperasi untuk menyampaikan laporan pertanggungjawabannya.

“RAT menjadi forum tertinggi dalam koperasi yang merupakan implementasi nyata dari prinsip demokrasi, transparansi, dan akuntabilitas dalam tata koperasi yang merupakan amanat penting didalam undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian,” terang Jahang.

Tema RAT

Sementara itu, Ketua Panitia RAT, Kanisius Teobaldus Deki, dalam sambutannya menyampaikan tema RAT XXIII yakni “Membangun Usaha Anggota Dalam Semangat Ekonomi Berkelanjutan”.

Baca juga  Kopkardios Kejar Pertumbuhan Aset Rp100 Miliar dan 19.000 Anggota

“Tema ini masih sejalan dengan kebijakan Negara kita, yakni memajukan kewirausahaan dan program Keuskupan Ruteng pada tahun ini yakni Tahun Ekonomi Berkelanjutan dengan semboyan : SAE (Sejahtera, Adil dan Ekologis),” jelas Deki.

Dia mengatakan, panitia melaksanakan dua sesi RAT pertama itu dilaksanakan di 37 Tempat Pelayanan Khas (TPK) di 3 kantor cabang, dan 3 kantor yunit. Lalu RAT kedua adalah RAT paripurna yang dihadiri oleh seluruh koordinator TPK dan seluruh anggota KSP Kopkardios.

“Jumlah anggota yang ikut RAT di 37 TPK itu berjumlah 2.510 orang,” terang Nik Deki.

Ia juga mengatakan RAT XXIII ini kita fokus pada dua tujuan yaitu pertama, pengurus akan melaporkan pertumbuhan dan perkembangan KSP Kopkardios, capaian-capaian yang telah diperoleh, persoalan-persoalan yang dihadapi dan solusi-solusi yang ditawarkan.

“Kedua, tugas kita bersama untuk memperkuat kembali komitmen menjadi anggota yang baik untuk membesarkan lembaga ini baik dari sisi anggota maupun dari sisi usaha,” paparnya.

Baca juga  Bunga Pinjaman Kopkardios Bakal Diturunkan 1,1 Persen, Begini Penjelasan Pengurus

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Pemkab Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur atas dukungan yang diberikan kepada KSP Kopkardios selama ini.

Apresiasi juga disampaikan setinggi-tingginya kepada Keuskupan Ruteng yang sudah membidani kelahiran dari KSP Kopkardios dan juga tak henti-hentinya berusaha bersama pengurus, pengawas, dan manajemen, untuk menjalin kerjasama membangun Kopkardios menjadi koperasi umat berbasis paroki

Pengurus, dewan pengawas dan manajemen KSP Kopkardios (Foto : Floressmart).

Genjot penambahan anggota

Ketua KSP Kopkardios, Rm Leonardus Eventius Noveri Pr mengatakan, dalam usianya ke-24 tahun, anggota Kopkardios mencapai 16.403 orang per 31 Desember 2022.

Menurutnya, pertumbuhan anggota pada tahun buku 2022 yakni 9,3 % atau 1.399 orang dari target 2.250 orang.

“Anggota Kopkardios tersebar pada 132 titik pelayanan yakni 47 titik di Kabupaten Manggarai, 41 titik di Manggarai Timur dan Manggarai Barat 44 titik,” urai Pastor Leonardus.

Baca juga  Bunga Pinjaman Kopkardios Bakal Diturunkan 1,1 Persen, Begini Penjelasan Pengurus

Untuk tahun buku 2023, KSP Kopkardios merencanakan penambahan anggota baru sejumlah 2.500 orang.

“Dengan cara perhitungan, ada 132 TPK, masing-masing TPK diharapkan menambah 20 anggota baru sepanjang tahun buku 2023 dan setiap bulannya 2 anggota,” tuturnya.

“Strategi yang diambil adalah menggerakkan anggota lama untuk merekrut anggota baru, mengembangkan titik-titik pelayanan ke beberapa Paroki atau dalam satu Paroki dan membuka tempat pelayanan di wilayah kota Ruteng ini,” cetusnya.

Target Rp100 Miliar Aset

Selain penambahan anggota, Kopkardios, lanjut Rm. Leonardus berupaya mengejar target penambahan aset Rp100 miliar.

“Tahun ini aset harus ditambah Rp16 miliar dari keadaan Rp.84.080.615.997 per 31 Desember 2022 supaya bisa mengejar angka Rp100 miliar.. Penambahan ini bersumber dari simpanan saham anggota (akan ada anggota baru) dan dari simpanan non saham anggota.

Dalam semangat ‘Ekonomi Berkelanjutan’ ini, sebut Rm. Leonardus, Kopkardios menyusun konsep pengembangan koperasi tingkat paroki.

“Ini peluang untuk kita terus mengajak orang-orang yang belum bergabung untuk segera menjadi anggota dan untuk yang sudah bergabung agar menjadi anggota yang berkualitas,” katanya. (js)

Tag: