Presiden Janji Tambahkan Dokter Spesialis untuk RSUD Komodo

Presiden Joko Widodo didampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin meninjau RSUD Komodo (Sumber : Biro Pers Sekretariat Presiden).

Floressmart- Presiden Joko Widodo meninjau langsung kesiapan dan fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Selasa (9/5/2023).

RSUD Komodo disiapkan untuk mendukung perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN tahun 2023 di Labuan Bajo.

Baca juga  Imbauan Pastoral Sambut KTT ASEAN di Labuan Bajo

“Ini memang kemarin juga kita kejar ini sudah dalam rangka untuk persiapan KTT ASEAN,” ujar Presiden Jokowi dalam keteranganya kepada awak media.

Menurut Presiden Jokowi, RSUD Komodo dibangun dengan bantuan dari Kementerian Kesehatan, baik dari sisi gedung maupun peralatannya. Biayanya mencapai Rp220 miliar.

Lebih lanjut, Kepala Negara memandang bahwa peralatan di RSUD Komodo sudah sangat bagus dan cukup lengkap untuk penanganan sejumlah penyakit berat.

Baca juga  12.000 Pasukan TNI Polri Jaga KTT ASEAN Labuan Bajo

“Kalau kita lihat peralatan sudah sangat bagus untuk kanker, untuk jantung, stroke, semuanya ada,” imbuhnya.

Meskipun demikian, Presiden Jokowi menggarisbawahi pentingnya penambahan dokter spesialis di RSUD Komodo. Untuk itu, Kementerian Kesehatan dan RSUD Komodo diharapkan bisa mengejar kekurangan dokter spesialis agar masyarakat setempat tidak perlu berobat ke luar daerah.

“Ini nanti yang saya kira akan dikejar oleh Kementerian Kesehatan juga oleh RSUD Komodo agar semuanya komplet sehingga penyakit apa pun yang ada di sini tidak usah kita harus ke provinsi atau ke Jakarta, cukup ditangani di tingkat kabupaten,” jelasnya.

Baca juga  Presiden : KTT ASEAN Sudah Siap Semuanya

Turut mendampingi Presiden saat meninjau RSUD Komodo yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Direktur RSUD Komodo Maria Yosephina Melinda Gampar. (js)

Tag: