Kapolri Cek Kesiapan AMMTC di Labuan Bajo

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek kesiapan AMMTC ke-17 di Labuan Bajo (Ist)

Floressmart- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau venue yang akan digunakan untuk ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) atau pertemuan setingkat menteri  khusus membahas isu-isu kejahatan lintas negara di Labuan Bajo Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Kapolri dan rombongan Mabes Polri tiba di Bandara Komodo pada Jumat (18/8/2023) siang. Sebagai Ketua AMMTC 2023, Jenderal Sigit ingin memastikan segala kesiapan jelang pertemuan internasional ini.
Dari Bandara Komodo, Kapolri menuju Waterfront Marina Meruorah untuk meninjau gladi resik kegiatan Welcome Cocktail and Toast AMMTC ke-17 yang dilaksanakan, Sabtu (19/8/2023).
Di sana Kadiv Hubinter Irjen. Pol. Khrisna Murti menjelaskan kesiapan acara kepada Kapolri.
Sebagai informasi, AMMTC ke-17 akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Kegiatan ini digelar pada 20-23 Agustus 2023.
AMMTC ke-17 ini akan diikuti oleh 10 menteri negara ASEAN. Delegasi dari tiga mitra dialog dipastikan hadir yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan, Timor Leste sebagai observer, Chairman Directors-General of Immigration Departments and Heads of Consular Affairs Divisions of the Ministries of Foreign Affairs (DGICM), Sekretaris Jenderal ASEAN. Total peserta kegiatan ini mencapai 275 orang.
Pada saat kedatangan, akan dilakukan Welcome Cocktail and Toast AMMTC di atas kapal Phinisi Lako Sae.
Isu kejahatan transnasional yang dibahas di AMMTC ialah terorisme, perdagangan orang, kejahatan dunia maya, penyelundupan manusia, penyelundupan senjata, perdagangan satwa liar dan kayu ilegal, perdagangan obat-obatan terlarang, pencucian uang, kejahatan ekonomi internasional dan pembajakan laut.

Kapolri mendapat penjelasan kesiapan venue AMMTC dari Kadiv Hubinter Irjen Pol. Krishna Murti (Ist)

Dijaga 619 personel

Baca juga  Launching HPSN 2020 di Labuan Bajo
Karo Ops Polda NTT, Kombes Pol Deonijiu De Fatima kepada media mengatakan, pengamanan para delegasi dinyatakan siap untuk mengamankan kegiatan tersebut.
“Personil yang diturunkan sejumlah 619 orang, baik dari Mabes, Polda NTT juga kekuatan penuh dari Polres Manggarai Barat yang di-BKO polres sekitar,” kata Kombes De Fatima usai pengecekan pasukan Jumat,18 Agustus 2023.
Dia mengatakan, semua delegasi akan dikawal sejak tiba di  Bandara Komodo, di hotel tempat mereka menginap dan juga venue acara.
Selain pengamanan ketat, Kepolisian bakal mengatur rekayasa lalu lintas saat parade drumband depan Hotel Meruorah.
“Untuk rekayasa lalu lintas akan dilakukan saat parade drumband dari taruna Akpol di Jalan Soekarno bawah tepatnya di depan Hotel Meruorah tetapi penutupan hanya bersifat sementara saja demi kenyamanan masyarakat juga,” ujar Kombes Pol Deonijiu De Fatima. (js)
Beri rating artikel ini!
Tag: