Perumda Tirta Komodo dan Polri Tanam Pohon Serempak di 4 Lokasi

Kegiatan tanam pohon Perumda Tirta Komodo dan Polres Manggarai (Sumber : Perumda Tirta Komodo)

Floressmart- Menggandeng Polres Manggarai, Perumda Air Minum Tirta Komodo melakukan penanaman pohon secara serempak di Wae Mese dan Wae Pong (Kelurahan Waso), Wae Kebong (Cibal) dan Wae Wase (Satar Mese), Rabu (23/8/2023).

Kegiatan yang diinisiasi Polri ini dilakukan secara hybrid oleh 34 Polda, 510 Polres, dan 5.034 Polsek di seluruh Indonesia dengan jenis bibit pohon yakni Bumbur, Trembesi, Bakau, Beringin dan Mahoni. Sementara, di Wae Pong dan Wae Mese ditanam dua jenis pohon lokal yakni pohon ara dan strabery hutan.

Baca juga  Komitmen Tirta Komodo dan Tirta Banari Memajukan BUMD Air Minum di NTT

Pada agenda yang sama, Kapolri Jenderal Sigit Listyo Prabowo berada di Pulau Rinca untuk melakukan kegiatan penanaman pohon.

Dalam rangka penghijauan, Polri sebelumnya sudah melakukan kegiatan penanaman pohon pada 18 Agustus 2023 lalu sebanyak 45.483 pohon di seluruh Indonesia dengan tema “Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini”.

Foto kolase kegiatan tanam pohon serempak bersama Polri (Ist)

Libatkan banyak elemen

Baca juga  Hari Air Sedunia 2023 : Tanam Pohon dan Kick Off Surveilans Kualitas air di Manggarai

Untuk kegiatan penanaman pohon di Kabupaten Manggarai, selain personel kepolisian, hadir pula jajaran Kodim 1612 Manggarai, Satuan Brimob Manggarai, Sat Pol PP Manggarai, Kelurahan Waso, STIPAS St. Sirilus, STIE Karya Ruteng, SMP Negeri 2 Langke Rembong, SDI Konggang, tokoh masyarakat Waso dan Komunitas Anak Muda Waso.

Di masing-masing lokasi kegiatan terpampang tulisan ” Wariskan Mata Air Bukan Air Mata”. Ada juga tulisan bernada kampanye menanam pohon “Mari Menanam Pohon Lestarikan Hutan & Mata Air”.

Wakapolres Manggarai Kompol Karel Leokunan mengatakan, Wae Mese dan Wae Pong dipilih karena mata air ini melayani 8.000 pelanggan atau sebanyak 40.000 jiwa.

Baca juga  Marselus Sudirman Dilantik Menjadi Direktur Perumda Tirta Komodo

“Wae Pong dan Wae Mese harus dilestarikan agar bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain untuk melestarikan alam dan lingkungan, kegiatan seperti ini diharapkan membuat Polri semakin dekat dengan masyarakat.

Sementara Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Marselus Sudirman menambahkan, pihaknya sangat antusias bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan termasuk Polri untuk pelestarian hutan dan mata air.

”Ini sejalan dengan semangat Perumda Tirta Komodo yakni mewariskan mata air bukan air mata,” kata eks Kasdim 1612 Manggarai itu. (js)

Tag: