Maju Pilkada, Ebert Ganggut Gelorakan Musyawarah Rakyat dan Manggarai SMART

Ebert Ganggut dan konsep Manggarai SMART (Ist)

Manggarai- Ebert Ganggut baru secara terbuka menyatakan maju menjadi bakal calon Bupati Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur pada pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

Legislator sekaligus Sekretaris DPD Partai Amanat Nasional  ini mengaku mendapat restu partai.

“Partai menyuruh saya pasang baliho di seluruh kecamatan di Mangggarai sebagai bakal calon Bupati. Jadi mulai keliling lagi setelah sempat jeda karena pemilu,” kata Ebert Ganggut dalam acara deklarasi keluarga, Minggu (10/3/2024).

Seperti dipantau, sekitar 200an orang hadir dalam acara tersebut. Keluarga besar Ebert tidak saja dari Kecamatan Rahong Utara sebagai basis juga datang dari Reok Barat dan Wae Ri’i.

“Keluarga yang hadir ini dari 12 gendang. Intinua sudah mendengar dari saya secara resmi maka sepulang dari sini kita mulai kerja. Saya juga akan membentuk tim kerja dan relawan. Saya maju untuk jadi bukan coba-coba,” seru Ebert disambut tepuk tangan masyarakat yang duduk bersila di dalam rumah adat.

Balon Bupati Ebert Ganggut berbicara di hadapan ratusan keluarganya di Gendang Pau.Rahong Utara (Sumber : Yohanes).

Musyawarah rakyat

Baca juga  Isu Diusung Demokrat Menguat, dr Ronal Susilo Bilang Begini

Sebagai legislator 3 periode, Ebert tentu merekam banyak problematika pembangunan di Manggarai. Dia juga dituntut harus piawai membina pola kemitraan bersama eksekutif selaku pemilik dan pengelola kegiatan pembangunan.

“Wakil rakyat mesti berjiwa responsif dan sensitif terhadap semua isu. Menjadi wakil rakyat yang bukan sekadar hadir sidang tapi lebih dari itu harus bisa mendorong konsep dan solusi demi menghadirkan pembangunan yang berkeadilan,” tekan Ebert dalam sambutannya.

Berkaca dari problematika sosial ekonomi serta infrastruktur di dapilnya Rahong Utara dan Wae Ri’i berarti Ebert Ganggut telah mengenal Manggarai secara umum.

Selama berkeliling melakukan tatap muka di 50-an titik selama kurun waktu 6 bulan terakhir, Ebert fokus mendengar masyarakat.

Baca juga  Raih WTP Tiga Kali Beturut-turut, Legislator : Penghormatan Deno-Madur untuk Manggarai

Dia lantas meracik strategi. Setelah menampung aspirasi maka tugas selanjutnya adalah mengemas konsep dan gagasan politik yang menyahterakan, makmur, berkeadilan, responsif dan terlayani.

“Konsep dan gagasan yang kuat harus datang dari masyarakat. Itulah kenapa saya menyebut tatap muka adalah musyawarah kerakyatan, membedah persoalan dan musyawarah adalah persepakatan melahirkan pemimpin berdasarkan kehendak rakyat,” sebutnya.

“Percuma ada partai kalau dukungan masyarakatnya tidak kompetitif. Saya menggencarkan sosialisasi dan tatap muka untuk mendongkrak elektabilitas supaya bisa meyakini partai kami PAN. Ini modal untuk menjalin koalisi dengan parpol lain nantinya,” imbuh Ganggut.

Menuju Manggarai SMART

Ebert telah merangkum banyak rekaman yang ia dapatkan dari jejak aspirasi maupun pengamatan langsung di lapangan. Jam terbang Ebert di kancah politik lokal membuat namanya dikenal luas. Lantaran bukan politisi ‘kaleng-kaleng’ Ebert tampil dengan konsep dan gagasan yang bukan asal bacot.

Baca juga  Politisi PAN Optimis DM Menang Lagi di Rahong Utara

Pria 49 tahun ini mulai memperkenalkan tagline Manggarai SMART. Lima kata ini mengandung narasi yang diadopsi dari hasil musyawarah bersama rakyat selama ini.

“Saya sedang menjaring aspirasi melalui musyawarah kerakyatan. Apa itu, saya harus mengenal daerah ini lebih dekat lagi dari musyawarah rakyat, mendengar apa maunya masyarakat kita. Politik bukan saja tentang pertarungan konsep dan gagasan maka perlu ada ruang bagi masyarakat untuk menyempurnakan konsep yang saya tawarkan,” cetus dia lagi.

Narasi menuju Manggarai SMART sebagaimana diterangkan Ebert menjabarkan makna lima kata yaitu Sejahtera, Makmur, Adil, Responsif dan Terlayani.

“Masyarakat sudah pada cerdas menilai. Mereka sedang menunggu para calon dengan konsep dan gagasan yang kuat yang punya komitmen membangun daerah dan masyarakatnya,” tekan dia.

” Inti dari SMART ini adalah sejahtera dan makmur ekonominya, adil pelayananya, responsif pemerintahannya dan terlayani kebutuhannya. Dari mana konsep ini dari aspirasi, dari angka dan data Manggarai hari ini. SMART adalah pendidikan politik, Manggarai SMART sebagai rumah bersama kita,” tutupnya. (js)

Tag: