Ketua Perpamsi : Tirta Komodo Ikonik Perumdam NTT

Ketua Perpamsi NTT sekaligus Direktur Perumdam Tirta Cendana TTU berbicara di Aula Perumda Tirta Komodo (sumber : Yohanes).

Manggarai– Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Komodo mendapat kunjungan dari Direksi dan Dewan Pengawas Perumda Tirta Cendana Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTU) Nusa Tenggara Timur, Kamis (21/3/2024)

Kedatangan Direktur Perumda Tirta Cendana Salassa L Boy didampingi Eusebius Sila Kefi sebagai Dewas Perumda dan Asisten Bidang Pembangunan Setda Kabupaten TTU, Trinimus Olin diterima secara adat singkat di halaman kantor Tirta Komodo pada pukul 09.00 WITA.

Pertemuan dua jajaran perumdam itu dilanjutkan dengan pembahasan terkait kebijakan, hal teknis juga manajemen keuangan.

Baca juga  Saling Timba Ilmu, Perumdam Tirta Komodo dan Tirta Cendana : Bahas Hal Teknis dan Keuangan

Kunjungan Direktur dan Dewas Perumda Tirta Cendana disebut sebagai study tour mengenalkan mekanisme pemberian dividen dari Perumda Tirta Komodo kepada Pemerintah Daerah dalam bentuk PAD serta mencari pembanding dalam penentuan besaran laba bersih perusahaan untuk pendapatan asli daerah berikut jumlah deviden dan bagaimana tata cara penyetorannya ke Pemerintah Kabupaten.

Direktur Perumdam Tirta Cendana TTU Salassa L Boy menyebut bahwa Tirta Komodo memang diakui sebagai perumdam wahid dan menjadi ikonik bagi 15 perumdam se-NTT.

“Sehingga banyak teman-teman kita se Nusa Tenggara Timur PDAM baik perumda 15 ingin mau datang berkunjung mendengar, melihat keberhasilan lalu menimba ilmu-ilmu apa yang bisa kita dapatkan di perumda Tirta Komodo ini,” katanya di Aula Perumda Tirta Komodo, Kamis.

Baca juga  Keuangan Tirta Komodo Diaudit Akuntan Publik, Hasilnya WTP Lagi

Salassa L Boy yang adalah Ketua Pengurus Daerah (PD) Persatuan Perusahan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Provinsi NTT mengklaim popularitas Tirta Komodo bergaung sampai level nasional.

“Karena memang PDAM atau perumdam yang terbaik di NTT itu berjumlah 15 Tirta Komodo lah yang terbaik. Baik di dalam tata kelola air minum dan banyak hal. Peringkat secara nasional di NTT Tirta Komodo peringkat satu sehingga itu dasar kami mau datang melihat mendengar di Ruteng,” imbuhnya.

Baca juga  Saling Timba Ilmu, Perumdam Tirta Komodo dan Tirta Cendana : Bahas Hal Teknis dan Keuangan

“Kalau sebagai Ketua Perpamsi situ tadi dari 15 anggota kami, kebanggaan kami ada di Tirta komodo karena the best nya NTT. Omong-omong PDAM NTT orang lebih tahu itu Tirta Komodo Ruteng,” tutupnya.

Sebagai informasi, Perumdam Tirta Komodo meraih juara pertama tingkat Provinsi NTT dari 15 perumdam berdasarkan hasil audit kinerja oleh BPKP tahun 2023 yang diumumkan tahun 2024.

Sementara di level nasional, Tirta Komodo berada pada urutan 102 dari 393 perumdam yang diaudit.

Sementara untuk wilayah zona 4 yang meliputi Bali Nusra,Maluku dan Papua terdapat 55 Perumdam yang diaudit dan Perumdam Tirta Komodo meraih juara 7. (js)

Tag: