Keuangan Tirta Komodo Diaudit Akuntan Publik, Hasilnya WTP Lagi

Direktur Marselus Sudirman dan jajaran Perumdam Tirta Komodo (Ist)

Manggarai-Perumda Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur menerima laporan hasil audit keuangan tahun 2023 dari Kantor Akuntan Publik Jojo Sunaryo & Rekan.

Dalam surat Nomor: 00056/3.0410/AU.2/04/1624-2/1/III/2024 yang ditujukan kepada Dewan Pengawas dan Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai, Kanto Akuntan Publik Jojo Sunaryo & Rekan menyatakan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Direktur Perumdam Tirta Komodo Marselus Sudirman menjelaskan, laporan yang diaudit terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus kas untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2023, serta catatan atas laporan keuangan, termasuk ikhtisar kebijakan akuntansi signifikan.

Baca juga  Perumda Tirta Komodo Gencar Sosialisasi Program Hibah Air Minum

Opini yang diberikan, kata Marselus Sudirman, menyajikan secara wajar sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik di Indonesia.

“Audit yang dilaksanakan berdasarkan standar audit yang ditetapkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia,” kata Marselus, Selasa (26/3/2024).

Disebutkan Marselus, hasil audit yang diperoleh dirasa sudah tepat.

“Manajemen bertanggung jawab atas penyusunan dan penyajian wajar laporan keuangan tersebut sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik di Indonesia, dan atas pengendalian internal yang dianggap perlu oleh manajemen untuk memungkinkan penyusunan laporan keuangan yang bebas dari kesalahan penyajian material, baik yang disebabkan oleh kecurangan maupun kesalahan,” terangnya mengutip surat tersebut.

Baca juga  Komentari Rekaman Beredar, Direktur Tirta Komodo : Belum Ada Perekrutan Baru

Diterangkan Direktur Marselus, laporan keuangan dan penilaian kinerja Tirta Komodo tiap tahunnya diaudit secara ketat oleh 2 lembaga berbeda yakni BPKP dan auditor independen yang bersertifikasi nasional.

“BPKP memeriksa seluruhnya laporan keuangan, kinerja dan hal teknis. Kalau auditor independen keuangan saja,” beber dia.

“Hasil audit dari kantor akuntan publik sudah kita dapatkan dan segera dilaporkan ke Bupati selaku KPM (kuasa pemilik modal). Sedankan hasil audit BPKP kita masih tunggu,” tutup dia.

Dirut Perumda Tirta Komodo Marselus Sudirman (sumber : Yohanes)

Terbaik di NTT

Baca juga  Teken Mou dengan Tirta Komodo, Rektor Unika St. Paulus Singgung Pengarusutamaan Air Minum

Sebagai informasi, pada 2023 lalu Perumdam Tirta Komodo meraih juara pertama tingkat Provinsi NTT dari 15 perumdam berdasarkan hasil audit kinerja oleh BPKP.

Sementara di level nasional, Tirta Komodo berada pada urutan 102 dari 393 perumdam yang diaudit.

Sementara untuk wilayah zona 4 yang meliputi Bali Nusra,Maluku dan Papua terdapat 55 Perumdam yang diaudit dan Perumdam Tirta Komodo meraih juara ke-7.

Perumdam Tirta Komodo sendiri meraih opini WTP setiap tahun sejak tahun 2016 baik berdasarkan audit BPKP maupun hasil audit kantor akuntan publik. (js)

Tag: