36 Panwascam Dilantik Diingatkan Jaga Soliditas

Acara pelantikan 36 anggota Panwascam untuk Pilkada Manggarai 2024 (Ist)

Manggarai- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur menggelar pelantikan 36 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pilkada serentak tahun 2024.

Ketua Bawaslu Manggarai, Fortunatus Hamsa Manah dalam acara pelantikan itu menekankan pentingnya soliditas internal Panwascam.

“Soliditas lebih kepada pola hubungan di internal Panwaslu Kecamatan yang harus solid dan kompak. Jika tidak solid secara internal, Panwaslu Kecamatan akan mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas,” tekan Fortunatus di Aula Efata Ruteng, Jumat 24 Mei 2024.

Baca juga  Mengintai Kecurangan Pemilu dengan Kekuatan Pengawas TPS, Ini Penjelasan Bawaslu Manggarai

Selain soliditas, Manah juga meminta agar 36 Panwascam yang baru dilantik menjaga integritas pengawas pilkada. Integritas sebutnya, dapat ditunjukkan dengan bersikap jujur dan adil sesuai peraturan perundang-undangan.

“Menjalankan tugas dengan tidak melanggar aturan. Secara moral dan etiknya harus bagus. Tidak menerima suap, bersikap adil dan jujur tanpa pandang bulu,” ungkap pria yang biasa dipanggil Alfan itu.

Lanjut Manah, Panwaslu Kecamatan harus berkarakter dalam artian berani mengatakan hal yang benar jika benar, dan salah jika salah.

Baca juga  Peserta Nilai Tertinggi Tak Dilantik Jadi PPS, Dugaan Kecurangan Diumbar di Medsos

“Profesionalitas itu erat kaitannya dengan pemahaman kepemiluan, pemahaman kerja-kerja pencegahan dan penindakan. Paham aturannya, paham cara kerjanya,” cetus dia.

Lebih lanjut dikatakan Fortunatus, pelantikan 36 anggota Panwaslu Kecamatan jangan dipandang sebagai seremonial semata tapi diharapkann Panwascam harus membawa dampak baik dalam setiap pesta demokrasi pemilu dan pilkada.

“Pemilu yang bebas, jujur dan adil, jelas sangat ditentukan peran panitia pengawas pemilihan. Sebab, pemilu merupakan sistem norma dalam proses penyampaian hak demokrasi rakyat dalam menentukan pilihannya berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, transparansi, dan bertanggungjawab sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya.

Baca juga  Tes Panwascam Seperti CPNS, Secara Online Dibawah Kendali Bawaslu RI

Mendampingi Fortunatus dalam kegiatan itu, masing-masing Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H Yohanes Manasye dan Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Marselina Lorensia dan Kepala Sekertariat Bawaslu Manggarai Salesius Ndagung.

Upacara pelantikan berlangsung dibawah sumpah disaksikan imam Katolik Pater Mundus Beda, SVD dan Ketua MUI Manggarai H. Abdul Marola.

Hadir juga Ketua KPU Kabupaten Manggarai, Rikard Pentor, Sekda Manggarai Jahang Fansi Aldus, mewakili Dandim 1612 Manggarai, Pasi Intel Lettu Inf Fernando Mendonca, Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh, Kasi Intel Zaenil Abidin yang mewakili Kajari Manggarai. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: