Kepala PLN Ruteng Dicap Sebagai Dewa Kegelapan

floressmart.com- Pemadaman listrik PLN di Manggarai Nusa Tenggara Timur kian parah. Dalam sebulan terakhir pemadaman bahkan terjadi belasan kali dalam 24 jam. Dibeberapa wilayah pemadaman terjadi 3 hingga 5 jam per hari. Di tempat lain listrik bahkan tidak menyala sepanjam malam hingga pagi.

Dibawah kepemimpinan Ruben Mira menggantikan Frederikus Suharto, pasokan listrik bagi 38 ribu lebih pelanggan yang tersebar di Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan sebagian wilayah di Kabupaten Manggarai Barat makin tak karuan.

Tak hanya memantik berang publik,pemadaman yang “edan”itu mengundang komentar keras dari lembaga DPRD setempat. Kehadiran Ruben Mira di bumi Nucalale bahkan dianggap sebagai dewa kegelapan.

“Kita juluki dia (Ruben) sebagai dewa kegelapan. Di masa kepemimpinan Harto listrik kita terang terus tapi dijaman Ruben kini listrik kita padam terus” Kata anggota DPRD Manggarai Marsel Ahang kepada floressmart.com, Selasa 12 Januari 2016.

Baca juga  Dua Hal Ini Diklaim Bisa Hentikan Masalah Listrik Di Manggarai

Komentar miring juga meluncur dari Yoakim Jehati, anggota komisi C yang salah satu tugas komisi itu mengontrol masalah kelistrikan. Yoakim akan mengusulkan kepada pimpinan DPRD untuk segera memanggil Ruben Nira.

“Segera mungkin Rapat Dengar Pendapat dengan komisi C minta pertanggungjawaban Ruben Mira”Kata Yoakim dihubungi terpisah.

Menurut Yoakim Jehati, semestinya listrik di Manggarai tak mengenal padam nyala menyusul eksploitasi Geotermal Ulumbu yang sudah menjadi listrik sebesar 4×2,5 MW.

“Sepertinya kehadiran Ulumbu tak begitu membantu. Perlu dipertanyakan ini. Apa persoalanya” Kata politisi Golkar itu.

Baca juga  Kisruh Kompensasi SUTT Desa Wewo Berlanjut, Pemda Manggarai Turun Tangan

Untuk itu, lanjut Yoakim, masalah yang membelit PLN ranting Ruteng serta keberadaan PLTP Ulumbu perlu dicermati dari berbagai aspek. Bila perlu lanjut dia, penyelidikan perlu didorong menelisik eksploitasi Ulumbu triliunan rupiah APBN.

“Jangan-jangan Turbin nya barang bekas dari China. Saya dengar jaksa pernah sentuh pengadaan turbin Ulumbu” Kata mantan ketua GMNI Manggarai itu.

Kepala PLN Janji Perbaikan Kinerja

Ditemui dikantornya, Selasa 12 Januari 2016, kepala PLN Ranting Ruteng Ruben Mira mengaku tidak mengelak jika harus didera dengan persoalan listrik yang mengalami pemadaman terus-menerus. Namun menurutnya, masyarakat perlu mengetahui musabab dari pemadaman itu.Kata dia,faktor alam jadi penyebab utama pemadaman yang terus terjadi selama sebulan terakhir.

“Seperti angin, hujan angin,petir ditambah ulah masyarakat seperti melempar kayu ke atas kabel jaringan yang menyebabkan listrik padam” Ujarnya menjelaskan.

Baca juga  Kisah Gelap di Balik Terang Sumur Panas Bumi Ulumbu

“Ada juga penyebab lain yakni peralatan yang sudah uzur, misalnya gardu yang retak, jika lembab sedikit bisa memutuskan arus listrik” terangnya menambahkan.

Meski dicap sebagai dewa kegelapan, pria kelahiran Ende Flores itu berjanji sekuat tenaga akan memperbaiki kinerja. Baginya pemadaman merupakan hal yang lumrah tapi diupayakan pemadaman litrik PLN bisa ditekan.

“Jadi kepala PLN di Manggarai memang tantanganya besar. Pelanggan sangat banyak serta medan operasi yang luas. Belum lagi cadangan daya yang kadang surplus kadang defisit. Tapi saya siap memberikan yang terbaik bagi pengguna listrik PLN di daerah ini” Janjinya. (jhs)

Beri rating artikel ini!
Tag: