Rebutan Air Sawah di Elar Selatan, Leonardus Tewas Dibacok

Jenazah Leonardus Beto disemayamkan di rumah duka di Kampung Paan Putan. (Photo : Pospol Elar).

Floressmart—Leonardus Beto ditemukan bersimbah darah di lokasi persawahan Dejan Desa Sipi Kecamatan Elar Selatan Manggarai Timur Minggu pagi 28 Oktober 2018. Kakek berusia 75 tahun warga Kampung Paan Putan Desa Sipi ini tewas dengan luka bacok pada bagian wajah.

Kepala Pos Polisi Elar, Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu), Petrus Amir ketika dihubungi Minggu siang menjelaskan, peristiwa pembunuhan itu terjadi sekira jam 7 pagi. Pembunuhan itu diketahui setelah pelaku bernama Selgonis Brahi (51) menyampaikan ke keluarga korban yang hendak pergi misa hari Minggu bahwa ia baru saja membunuh Leonardus Beto.

Baca juga  Bidan Oni Pembunuh Suami Didakwa Pasal Pembunuhan Berencana

“Mendengar kabar tersebut anak dan keluarga korban langsung ke TKP dan mengevakuasi korban ke rumahnya di Kampung Paan Putan,” kata Aiptu Petrus.

Pelaku lanjut Petrus Amir telah ditangkap dan masih menjalani pemeriksaan di kantor Pospol Elar. Pelaku kata dia merupakan warga desa tetangga dari Barubong Desa Paan Waru Elar Selatan.

Kronologi kejadian  

Baca juga  Begini Sadisnya Yon Membunuh Tuty

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap pelaku diketahui bahwa aksi pembunuhan itu dipicu rebutan air sawah.

Dijelaskan Kapospol Elar, Aiptu Petrus Amir, antara pelaku dan korban sempat perang mulut setelah korban meminta agar pelaku adil membagi air apalagi sedang terjadi krisis air akibat kemarau panjang. Tersinggung dengan korban, pelaku kemudian mendorong tubuh Leonardus Beto. Kalah kuat, tubuh pria renta itu pun tersungkur ke dalam petak sawah milik pelaku.

“Tidak tunggu lagi, pelaku lompat dan mencabut parang dari pinggang korban lalu membacok korban berkali-kali. Selain membacok, pelaku juga menghantam kepala korban dengan batu dan kayu tongkat milik korban. Jadi parang dan kayu tongkat yang dipakai pelaku untuk membunuh itu milik korban,” tutur Aiptu Amir.

Baca juga  Dua Penjaga Lahan Di Rangko Dibunuh,Bule Australia Diamankan

Selain mengamankan tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti dari TKP yakni parang, kayu dan batu yang dipakai pelaku saat menghabisi nyawa Leonardus.

Pelaku kata Kapolspol Elar selanjutnya akan dibawa ke Ruteng untuk ditahan di Polres Manggarai.

“Ini masih tunggu tim Reskrim dari Polres Manggarai yang datang ke Elar Selatan untuk olah TKP sekaligus membawa pelaku yang sudah kami tangkap untuk ditahan di Polres,” ujarnya. (js)

Tag: