Bupati Deno Resmikan Posko Covid-19 di Perbatasan Mabar

Pemeriksaan pelaku perjalanan di posko Covid-19 di Weri Pateng perbatasan Manggarai-Mabar (photo : floressmart).


Floressmart- Bupati Deno Kamelus bersama Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai meresmikan check point atau pos pemeriksaan di perbatasan Manggarai dan Manggarai Barat, Kamis malam 14 Mei 2020. Posko ini berada di Weri Pateng Desa Persiapan Benteng Redo yang membatasi Kecamatan Lelak dan Kecamatan Lembor.

Hadir bersama Bupati Deno antara lain, Kasdim 1612 Mayor. Chb I Wayan Subrata, Sekda Fansy Jahang, Asisten Administrasi Umum, Frans Kakang dan sejumlah pimpinan OPD.

Baca juga  RS dr. Ben Mboi Isolasi 1 Orang PDP

“Dengan memohon Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan doa kita semua maka secara resmi pada jam ini saya mulai meresmikan penggunaan posko pencegahan covid tingkat Kabupaten Manggarai di perbatasan Manggarai dan Manggarai Barat secara resmi,” ucap Bupati Deno.

Bupati Deno Kamelus dan jajaran Gugus Tugas Covid-19 meresmikan posko Covid-19 di perbatasan Manggarai dan Mabar. (photo : floressmart).

Ritus adat

Baca juga  Bupati Deno Was-was Medsos 'Menggila' Jelang Pilkada Manggarai

Sebelum digunakan, pos pemeriksaan kendaraan dan pelaku perjalanan ini terlebih dahulu diritualkan dengan menyembelih ayam jantan merah sebagai tanda permisi kepada leluhur. Ritus bernama adak tesi ini dibawakan oleh tokoh ada setempat.

“Malam hari ini juga kita sudah melakukan upacara adat supaya tempat yang kita pakai ini didahului oleh ritus adat sebagaimana biasanya dalam budaya Manggarai. Tentu ini semua sebagai bagian dari kerja-kerja kita untuk memastikan semua unsur termasuk para leluhur kita dilibatkan dalam kaitan upaya kerja-kerja kita mencegah penularan virus corona,” kata Deno Kamelus.

Baca juga  Politik yang Memenangkan Rakyat NTT

Selain Weri Pateng, empat posko Covid-19 lainnya juga siap digunakan yakni posko Wela Kecamatan Ruteng, posko Nanu Rahong Utara, posko Sambor Reok Barat dan posko Borik Satar Mese Barat.

Seperti disaksikan media ini, acara peresmian posko dilanjutkan dengan pemeriksaan suhu tubuh terhadap para pelaku perjalanan baik yang datang dari Manggarai maupun yang datang dari Manggarai Barat. (js)

Tag: