10 Positif Corona di Manggarai Disebut Klaster Cireng

Lodovikus Moa, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupten Manggarai. (photo: floressmart)

Floressmart- Dalam dua hari ini Gugus Tugas Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur mengumumkan tambahan pasien corona sebanyak 10 orang.

Mereka seluruhnya merupakan kontak erat dengan almarhum RJ, pasien Covid-19 asal Cireng Kecamatan Ruteng yang meninggal dunia di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng baru-baru ini.

Sepuluh orang terkonfimasi positif Covid-19 itu berdasarkan hasil pemeriksaan PCR Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. WZ Johannes Kupang.

Baca juga  Kabar Gembira, KFJ Sudah Negatif, Manggarai Nihil Covid

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus Moa menjelaskan, 10 orang itu terdiri dari istri dan anak RJ serta kerabat dekat.

Lodivikus menyebut, 10 kasus baru ini merupakan  transmisi lokal karena terjangkit dari  almarhum RJ.

“Sepuluh ini disebut klaster Cireng dan menjangkiti satu keluarga,” kata Lodivikus, Kamis 3 September 2020.

Kepala Bagian Prokopim Setda Manggarai ini mengatakan tim surveilans segera melakukan trace terhadap orang-orang yang berinterkasi maupun kontak erat dengan 10 pasien baru tersebut.

“Tracing akan lebih panjang lagi karena penelusuran  melibatkan siapa saja yang berinteraksi dengan sepuluh orang itu selama ini termasuk orang tua RJ yang tidak mau diswab pada pemeriksaan kali lalu,” katanya.

Baca juga  Gugus Tugas COVID-19 Manggarai Umumkan 4 Pasien Sembuh

Petugas medis dan anak positif corona

Selain istri dan anak RJ, seorang petugas medis, (NPG) yang pernah mengurusi almarhum RJ juga terkonfirmasi positif corona. Dua orang anak dari PNG, bidan yang bertugas di Puskesmas Anam Desa Bulan Kecamatan Ruteng itu juga terinfeksi virus mematikan ini.

“Ini lagi yang sangat  mengkhawatirkan kita, bidan yang positif selama ini tetap masuk kerja. Karena anaknya juga kena maka kita harus tracing anak-anak sepermainan dengan anak NPG,” kata Lodivikus.

Baca juga  Dua Kali Swab Negatif, Dua OTG di Ruteng Dipulangkan dari Karantina

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, lanjut Lodivikus merekomendasikan Puskesmas Anam ditutup untuk sementara waktu.

“Sesuai protap,  Puskesmas Anam kita tutup,” bilang Lodovikus.

Dengan adanya 10 kasus baru menambah jumlah positif corona di Manggarai dari sebelumnya 5 orang menjadi 13. Kabar baiknya, 3 orang pasien positif corona yang dikarantina di wisma atlet dinyatakan sembuh dan segera dipulangkan ke keluarganya. Total yang sudah sembuh sebanyak 4 orang. (js)

Tag: