Juara di NTT, Perumdam Tirta Komodo Perkuat Humas Perusahaan

Direktur Perumdam Tirta Komodo Marselus Sudirman mendampingi Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut meresmikan program hibah air minum di Kecamatan Wae Ri’i (ist).

Manggarai- Meraih peringkat ke-7 pada Regio Timur dan Nomor 1 di NTT berdasarkan hasil evaluasi kinerja tingkat nasional tahun 2023, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Komodo terus memperkuat fungsi kehumasannya.

Bidang Humas sebagai garda komunikasi perusahaan diharapkan mampu menjawab harapan dan keluhan pelanggan melalui penyebaran informasi di media massa dan media sosial.

Menjawab kebutuhan itu, Perumda Air Minum Tirta Komodo melaksanakan kegiatan bertajuk “Berbagi Bersama Praktisi Media dan Media Sosial”.

Baca juga  Keuangan Tirta Komodo Diaudit Akuntan Publik, Hasilnya WTP Lagi

Digelar di Aula Tirta Komodo, Sabtu (2/3/2024) kegiatan ini diikuti 30 pegawai di lingkungan Perumdam.

Pada kegiatan ini, Perumdam Tirta Komodo menghadirkan empat praktisi lokal yang kompeten di antaranya Jo Kenaru (jurnalis), Silvester Nabar (jurnalis), Robert Belarminus dan Yuanario Jonta (Prokopim Setda Kabupaten Manggarai).

Keempat narasumber membawa tema-tema yang berbeda yakni: menulis berita pendek, membuat video promosi dan mengelola konten media sosial Perusahaan.

Kegiatan kehumasan Perumdam Tirta Komodo bersama praktisi media( Sumber : Humas Perumda)

Era disrupsi digital

Baca juga  Saling Timba Ilmu, Perumdam Tirta Komodo dan Tirta Cendana : Bahas Hal Teknis dan Keuangan

Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, Marselus Sudirman berharap, pembekalan teknis bersama praktisi dapat membantu kehumasan perusahaan menguasai tehnik dasar jurnalistik dan media sosial secara proporsional.

Era ini, lanjutnya, merupakan era disrupsi digital media massa dan media sosial yang membutuhkan kinerja kehumasan yang kuat.

Humas dan publikasi harus memiliki kemampuan untuk menulis, mengabarkan citra organisasi dan mampu mengomunikasikan kerja-kerja baik perusahaan kepada pemangku-pemangku kepentingan.

“Merespon keluhan pelanggan di media sosial pun memerlukan tehnik respons yang proporsional agar keluhan pelanggan terjawab,”tutupnya.

Baca juga  Teken Mou dengan Tirta Komodo, Rektor Unika St. Paulus Singgung Pengarusutamaan Air Minum

Jo Kenaru yang adalah jurnalis ViVa.co.id menuturkan, Humas Perumdam Tirta Komodo penting memahami tehnik dasar laporan jurnalistik sederhana untuk menjawab rasa ingin tahu publik.

Silvester Nabar, Jurnalis Swara NTT menambahkan, pembuat video publikasi perlu mempertimbangkan karakter dan perilaku pengguna media sosial di daerah sasaran.

Harus terjawab, informasi apa yang dibutuhkan pelanggan. Konten seperti itulah yang dikabarkan oleh Humas Perusahaan.

Robertus Belarminus dan Yuanario Jonta, Praktisi dari Prokopim Setda Kabupaten Manggarai yang membawa materi terkait pengelolaan media sosial perusahaan mengingatkan pengelola kehumasan Perumda agar senantiasai berkolaborasi dengan untuk mendorong konten kampanye-kampanye bertema air minum sesuai kebutuhan pelanggan Perumda Air Minum Tirta Komodo. (js/fr)

Tag: