Untuk Pertama Kalinya Manggarai Dapat Opini WTP dari BPK

Penyerahan LHP BPK RI Perwakilan NTT kepada Bupati Manggarai Deno Kamelus. (photo : ist)

Floressmart- Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) RI Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur telah melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Manggarai Tahun Anggaran 2018.

Laporan tersebut meliputi, neraca, laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan. Hasilnya BPK memberikan penilaian atau opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Tercatat dalam sejarah, ini merupakan WTP pertama dan baru terjadi pada tahun ke-4 kepemimpinan Bupati Deno Kamelus dan Wabup Viktor Madur.

Baca juga  Demo Lagi, PMKRI Beberkan Kajian Menyoal Hibah Tanah Depo Pertamina Reo

Penyerahan dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dilangsungkan Senin, 27 Mei 2019 di Kantor BPK NTT Jalan W.J Lalamentik Nomor 91 Kupang oleh Ketua BPK Perwakilan NTT Adi Sudibyo kepada Bupati Manggarai, Deno Kamelus didampingi Wakil Ketua DPRD Manggarai, Paulus Peos.

Bupati Deno Kamelus melalui percakapan WhatsApp dengan floressmart menjelaskan, WTP merupakan opini atas Laporan Keuangan Pemda Manggarai tahun anggaran 2018 yang diperiksa pada tahun 2019.

Sementara opini BPK lanjut lanjut Deno adalah pernyataan profesional dari BPK mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria.

Baca juga  Pemda Manggarai Sumbang Sapi Kurban

“Pertama, yakni kesesuaian dengan standar akutansi pemerintahan. Kedua, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures). Ketiga, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan ke empat, efektifitas pendendalian intern. Keempat, hal tersebutlah yang wajar tanpa pengecualian,” urai Bupati Deno Kamelus.

Bupati apresiasi OPD

Selain bersyukur, Bupati Manggarai ke-7 ini juga menyampaikan terima kasih untuk kerja keras aparatur lintas OPD di Manggarai.

“Syukur kepada Tuhan dam terima kasih kerja keras, kerjasama, kerja tulus fokus terukur tuntas dari seluruh staf dan pimpinan OPD selama sekian waktu sehingga kita memperoleh opini tertinggi yaitu WTP. Tantangan ke depan adalah mempertahankan dan mengembangkannya,” katanya.

Baca juga  Disomasi Bupati, Ahang : Itu Gertak Sambal

Wakil Ketua DPRD Manggarai, Paulus Peos yang mendampingi Bupati Deno menerima LHP ketika dihubungi terpisah menjelaskan, penyerahan LHP dilakukan beberapa tahap. Untuk hari ini sambung dia, ada enam kabupaten yang menerima LHP dan hanya dua kabupaten yang mendapat WTP yakni Manggarai dan Kabupaten Belu.

“Untuk enam kabupaten dilaksanakan hari ini sementara sisanya dilakukan kemudian, mungkin setelah Lebaran. Hari ini hanya dua yang WTP, Manggarai dan Belu,” ujarnya. (js).

Tag: